ANALISIS SEMIOTIK PADA PESAN DAKWAH DALAM IKLAN TOLAK ANGIN DI TELEVISI (VERSI VIA VALLEN)

NIDAUL HASANAH, 17304153031 (2020) ANALISIS SEMIOTIK PADA PESAN DAKWAH DALAM IKLAN TOLAK ANGIN DI TELEVISI (VERSI VIA VALLEN). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Semiotik Pada Pesan Dakwah Dalam Iklan Tolak Angin di Televesi (Versi Via Vallen)” ini, ditulis oleh Nidaul Hasanah, NIM. 17304153031, dosen pembimbing H. Abdullah Chakim, M.Pd. Iklan Tolak Angin memiliki berbagai pesan yang ingin disampaikan kepada penonton. Hal tersebut menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pesan dakwah melalui analisis Roland Barthes dan makna denotasi serta konotasi dalam iklan Tolak Angin. Metodologi penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ialah scene dalam iklan Tolak Angin dan sumber tertulis yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dengan dua tahap, yakni denotasi dan konotasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pesan dakwah yang terkandung dalam iklan Tolak Angin yaitu tolong menolong, kerja keras, rendah hati dan bersyukur. Hal ini yang menjadi pokok utama dalam dakwah, sikap tolong menolong kepada sesama manusia sangat dianjurkan, karena setiap manusia pasti membutukan orang lain. Sikap kerja keras juga menjadi benteng utama dalam kehidupan manusia, pasalnya untuk mencapai sesuatu harus melaui kerja keras. Sikap bersyukur juga sangat diperlukan dalam diri manusia karena setiap manusia diberi nikmat yang lebih oleh Allah. Sifat rendah hati merupakan pelengkap dari sikap bersukur, karena jika manusia mendapatkan nikmat maka harus selalu bersyukur dan rendah hati, dengan sikap rendah hatinya pula yang akan menjadikan orang yang tidak sombong dalam hal apapun termasuk dalam menerima nikmat Allah. Adapun analisis semiotika Roland Barthes mengenai makna denotasi dan konotasi yaitu pada makna denotasi menggambarkan gambaran nyata yang terdapat dalam video iklan Tolak Angin, yang berupa tindakan yang dilakukan. Sedangkan makna konotasi yaitu khiyasan dari iklan Tolak Angin, dengan melibatkan, tindakan, emosi dan gestur, sehingga mendapatkan makna yang lebih mendalam. Kata Kunci: Pesan Dakwah, Iklan Tolak Angin, Analisis Semiotika Roland Barthes.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 17304153031 NIDAUL HASANAH
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:26
Last Modified: 20 Oct 2020 02:26
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16966

Actions (login required)

View Item View Item