PENGARUH KEPUASAN FASILITAS SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 2 TULUNGAGUNG

MARIA ULFA FITRIANI, 17201163191 (2020) PENGARUH KEPUASAN FASILITAS SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (515kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kepuasan Fasilitas Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Maria Ulfa Fitriani, NIM. 17201163191, pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Kepuasan, Fasilitas Sekolah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kepuasan fasilitas sekolah dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Kepuasan fasilitas sekolah yang baik dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik agar mereka bersemangat mengikuti proses kegiatan belajar. Sehingga kepuasan fasilitas sekolah dan motivasi saling berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah : (1) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTsN 2 Tulungagung?. (2) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTsN 2 Tulungagung?. (3) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kepuasan fasilitas sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTsN 2 Tulungagung?. Tujuan penelitian : (1) Untuk menjelaskan pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTsN 2 Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTsN 2 Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kepuasan fasilitas sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MTsN 2 Tulungagung, sebagai sumbangan dalam mengambil kebijaksanaan berkaitan dengan peningkatan fasilitas sekolah. Bagi guru MTsN 2 Tulungagung, sebagai masukan untuk memotivasi dan memanfaatkan fasilitas sekolah agar mencapai hasil belajar yang maksimal. Bagi peserta didik MTsN 2 Tulungagung, sebagai masukan mengenai peningkatan fasilitas sekolah dan motivasi belajar pada diri setiap individu. Bagi peneliti selanjutnya, sebagai bahan pertimbangan dan bahan referensi penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 363 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu sebanyak 35 peserta didik kelas VIII-B dan 38 peserta didik dari kelas VIII-C. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan skala instrumen dan dokumentasi.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan fasilitas sekolah (X1) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTsN 2 Tulungagung (Y). Berdasarkan H1 diterima, karena thitung 2.041 > nilai ttabel 1.994 atau nilai signifikansi 0.000 < 0.05. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTsN 2 Tulungagung (Y). Berdasarkan H2 diterima , karena thitung 3.956 > nilai ttabel 1.994 atau nilai signifikansi 0.000 < 0.05. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kepuasan fasilitas sekolah (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTsN 2 Tulungagung (Y). Berdasarkan H3 diterima, karena nilai fhitung 17.570 > nilai ftabel 3.13 atau nilai signifikansi 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163191 MARIA ULFA FITRIANI
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:11
Last Modified: 19 Oct 2020 03:11
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16940

Actions (login required)

View Item View Item