PROFIL BERPIKIR VISUAL SPASIAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

DEFI FERGI DIANASARI, 17204163303 (2020) PROFIL BERPIKIR VISUAL SPASIAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (866kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (479kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Berpikir Visual Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Kognitif di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Defi Fergi Dianasari, NIM. 17204163303, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Visual Spasial, Geometri, Gaya Kognitif Fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika adalah siswa kurang mampu memahami rangkaian cerita konsep matematika verbal, mengaitkan antara konsep matematika yang satu dengan yang lain, terutama yang berkaitan dengan geometri. Sehingga siswa dalam meyelesaikan masalah geometri tergolong masih rendah. Jika kemampuan dalam menyelesaikan masalah geometri siswa masih tergolong rendah, maka proses berpikir visual spasial siswa juga masih rendah. Karena setiap individu memiliki sifat, cara pandang, dan gaya kognitif yang berbeda dalam menyelesaikan masalah geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui berpikir visual spasial siswa dalam memecahkan masalah geometri ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Tujuan penelitian ini adalah, (1) mendiskripsikan proses berpikir visual spasial siswa dengan gaya kognitif Field Independent dalam menyelesaikan masalah geometri di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung, (2) Mendiskripsikan proses berpikir visual spasial siswa dengan gaya kognitif Field Dependent dalam menyelesaikan masalah geometri Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 4 subjek yang terdiri dari 2 siswa kelas VIII F dengan dengan bergaya kognitif Field Independent dan 2 siswa kelas VIII F dengan bergaya kognitif Field Dependent. Teknik pengumpulan data melalui tes gaya kognitif yaitu tes GEFT, tes soal, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan bergaya kognitif Field Independent mampu memenuhi kelima indikator berpikir visual spasial dengan baik yaitu persepsi keruangan, visualisasi keruangan, relasi keruangan, rotasi pikiran dan orientasi keruangan (2) Siswa dengan bergaya kognitif Field Dependent hanya mampu memenuhi 2 indikator berpikir visual spasial yaitu persepsi keruangan dan relasi keruangan

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163303 DEFI FERGI DIANASARI
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:34
Last Modified: 19 Oct 2020 03:34
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16936

Actions (login required)

View Item View Item