PENERAPAN PROGRAM STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH (SKU) DALAM MENINGKATKAN KETAATAN IBADAH PESERTA DIDIK DI MA MA`ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

MOH. HISAM IRZAKI, 17201163455 (2020) PENERAPAN PROGRAM STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH (SKU) DALAM MENINGKATKAN KETAATAN IBADAH PESERTA DIDIK DI MA MA`ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Moh. Hisam Irzaki (17201163455) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci: Program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU), Ketaatan Ibadah Tujuan diadakannya program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU) adalah untuk memberikan penguatan terhadap materi pendidikan agama islam. Sebagaimana kita tahu bahwa pendidikan agama islam adalah pemberian bimbingan kepada peserta didik yang mana diharapkan peserta didik dapat memahami materi tertentu dalam pendidikan agama islam juga diharapkan mereka dapat mengamalkannya dikehidupan sehari-hari. Dengan demikian akan muncul karakter taat beribadah dalam diri peserta didik. Dalam hal ini peneliti menganalisa program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU) dan ketaatan ibadah. Karena program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU) dirasa memiliki peran penting dalam mempengaruhi ketaatan ibadah peserta didik di Madrasah Aliyah Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana tahap persiapan pelaksanaan penerapan Program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam meningkatkan ketaatan beribadah peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar ? (2) Bagaimana proses pelaksanaan penerapan Program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam meningkatkan ketaatan beribadah peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (3) Bagaimana hasil penerapan Program Standar Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam meningkatkan ketaatan beribadah peserta didik di MA Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data dengan metode-metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan atas gejala-gejala yang tampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan SKU di MA Ma’arif Udanawu Blitar sudah bisa dikatakan baik, terlihat dari penguji SKU yang sudah professional, serta sarana dan prasarana yang sudah memadai. (2) hasil penerapan SKU terhadap ketaatan ibadah peserta didik di MA Ma’arif Udanawu Blitar, secara kualitatif dapat meningkatkan ibadah siswa, baik dari sisi hafalan bacaan maupun cara praktiknya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik di MA Ma’arif Udanawu Blitar lebih mendapatkan pengetahuan agama yang mendalam dan nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. (3) factor pendukung dalam pelaksanaan SKU yaitu mayoritas siswa MA Ma’arif Udanawu Blitar tinggal di pondok pesantren, sehingga ketika ujian praktik tidak mengalami kesulitan, adapun factor penghambat dalam pelaksanaan SKU di MA Ma’arif Udanawu Blitar yaitu beberapa siswa yang tidak tinggal dipondok pesantren sehingga masih butuh bimbingan khusus dan waktu ujian yang sangat terbatas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163455 MOH. HISAM IRZAKI
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:34
Last Modified: 20 Oct 2020 03:34
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16935

Actions (login required)

View Item View Item