Turnitin Artikel "Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi komposisi fungsi ditinjau dari kemampuan matematika"

LUTFIANANNISAK, 2814133105 and Ummu Sholihah, 198008222008012018 (2018) Turnitin Artikel "Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi komposisi fungsi ditinjau dari kemampuan matematika". Jurnal Tadris Matematika, IAIN Tulungagung.

[img] Text
Turnitin Jurnal Nasional Terakreditasi JTM 2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi matematis merupakan cara siswa mengekspresikan ide-ide matematis baik secara lisan, tertulis, gambar/diagram, menyajikan dalam bentuk aljabar, atau menggunakan simbol matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta lapangan yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran di sekolah belum memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkomunikasikan gagasan terkait pemahaman mereka. Dalam hal ini penulis menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X-IPA MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek menggunakan indikator-indikator pada komunikasi matematis dengan memilih subjek secara purposive sampling sebanyak 6 siswa kelas X-IPA tahun akademik 2016/2017 yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X-IPA MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek dalam menyelesaikan soal matematika materi komposisi fungsi yang ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara pemberian tes dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah memenuhi 3 komponen standar komunikasi yang dicetuskan oleh NCTM, yaitu: 1) mengorganisasikan dan mengkonsolidasi berpikir matematis (mathematical thinking) mereka melalui komunikasi, 2) menganalisis dan mengevaluasi berpikir matematis (mathematical thinking) dan strategi yang dipakai orang lain, 3) menggunkan bahasa matematika untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara benar.

Item Type: Other
Subjects: Artikel Dosen
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dr. 198008222008012018 Ummu Sholihah
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:59
Last Modified: 21 Oct 2020 04:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16922

Actions (login required)

View Item View Item