PROFIL PENALARAN ADAPTIF SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU-TULUNGAGUNG

ADINTYA ANADILLA, 17204163274 (2020) PROFIL PENALARAN ADAPTIF SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU-TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Penalaran Adaptif Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Program Linear Ditinjau dari Tipe Kepribadian di Ma At Thohiriyah Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Adintya Anadilla, NIM. 17204163274, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Penalaran Adaptif, Masalah Matematika, Tipe Kepribadian Fenomena yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika adalah siswa kurang mampu memahami konsep dari rangkaian cerita, mengaitkan antara konsep matematika yang satu dengan yang lain, serta belum mampu merumuskannya dengan pemikiran yang logis, sistematis dan kritis. Sehingga dikatakan kemampuan penalaran adaptif siswa masih tergolong rendah. Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan penalaran adaptif siswa adalah tipe kepribadian yang dimiliki siswa. Tipe kepribadian tersebut digolongkan menjadi tipe kepribadian extrovert dan tipe kepribadian introvert. Kepribadian extrovert merupakan tipe kepribadian yang cenderung mengarahkan kepribadiannya ke luar dan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang ada di luar dirinya. Sedangkan kepribadian introvert adalah tipe kepribadian yang cenderung menarik diri dari interaksi sosial dan lebih mengarah kepada pikiran dan pengalamannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah, (1) mendeskripsikan penalaran adaptif siswa kelas XI dengan tipe kepribadian extrovert dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi program linear di MA At Thohiriyah Ngantru, (2) mendeskripsikan penalaran adaptif siswa kelas XI dengan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi program linear di MA At Thohiriyah Ngantru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 4 subjek yang terdiri dari 2 siswa kelas XI.A dengan tipe kepribadian extrovert dan 2 siswa kelas XI.A dengan tipe kepribadian introvert. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kepribadian, tes soal, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan tipe kepribadian extrovert mampu memenuhi tiga dari lima indikator penalaran adaptif yaitu memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pernyataan, menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan dan menemukan pola dari suatu masalah matematika, (2) Siswa dengan tipe kepribadian introvert mampu memenuhi empat dari lima indikator penalaran adaptif yaitu menyusun dugaan atau konjektur, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pernyataan, menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan dan menemukan pola dari suatu masalah matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163274 ADINTYA ANADILLA
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:31
Last Modified: 27 Oct 2020 02:31
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16915

Actions (login required)

View Item View Item