EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENCARI KERJA PADA DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN BLITAR MENURUT PERSPEKTIF ISLAM

NENENG NURJANAH, 17402163476 (2020) EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENCARI KERJA PADA DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN BLITAR MENURUT PERSPEKTIF ISLAM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Pelayanan Kartu Tanda Pencari Kerja Di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar Menurut Perspektif Islam” ini ditulis oleh Neneng Nurjanah , NIM 17402163476, pembimbing Nur Aziz Muslim, M.H.I. Pelayanan publik adalah salah satu bentuk tanggungjawab pemerintah terhadap masyarakat selaku penyedia jasa dituntut memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Di samping itu jumlah penduduk tiap tahun meningkat dan diikuti dengan permasalahan ekonomi yaitu ketenagakerjaan. Para pencari kerja saling bersaing memperoleh pekerjaan diantara lapangan pekerjaan yang tersedia sebagai usaha pemenuhan kebutuhan hidupnya. Pemerintah memiliki peran yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dinas tenaga kerja kabupaten Blitar menjadi salah satu instansi pemerintahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat berupaya memberikan pelayanan untuk membantu masyarakat dalam pencarian kerja secara sah dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga efektivitas diperlukan dalam pelayanan tersebut namun perlu dilandasi dengan nilai-nilai islamiyah yang membentenginya dalam perolehan kepuasan masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan secara objektif terhadap masalah-masalah penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dengan jumlah responden sebanyak 7 responden yaitu 3 dari masyarakat selaku pencari kerja dan 4 dari pihak Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model teknik analisis data dari Miles dan Huberman, yaitu data reduction, data display,i dan conclusing drawing/ verification untuk menjawab permasalahan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pelayanan kartu tanda pencari kerja yang diberikan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar sudah efektif. Dari penggunaan peralatan moderen hingga kerjasama serta pembagian tugas dan tanggungjawab. (2) Dari sudut pandang Islam, efektivitas pelayanan kartu tanda pencari kerja yang diberikan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar sudah sesuai dengan nilai-nilai Islam yaitu tolong menolong, keadilan, ramah tamah dalam bertutur kata hingga profesionlisme dalam bekerja. Kata Kunci : Pelayanan, Efektivitas, Pencari Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163476 NENENG NURJANAH
Date Deposited: 15 Oct 2020 07:06
Last Modified: 15 Oct 2020 07:06
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16895

Actions (login required)

View Item View Item