PENGARUH FAKTOR PENGETAHUAN, PENGALAMAN, MOTIF SOSIAL, DAN EMOSIONAL TERHADAP MINAT ANGGOTA MENGAJUKAN PEMBIAYAAN PADA BMT NUSANTARA UMAT MANDIRI DAN BMT ISTIQOMAH DI TULUNGAGUNG

LAILA KHAMIDATUN NISA, 17401163316 (2020) PENGARUH FAKTOR PENGETAHUAN, PENGALAMAN, MOTIF SOSIAL, DAN EMOSIONAL TERHADAP MINAT ANGGOTA MENGAJUKAN PEMBIAYAAN PADA BMT NUSANTARA UMAT MANDIRI DAN BMT ISTIQOMAH DI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

xvii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan, Pengalaman, Motif Sosial, dan Emosional Terhadap Minat Anggota Mengajukan Pembiayaan di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Istiqomah Tulungagung”. Ini ditulis oleh Laila Khamidatun Nisa, NIM. 17401163316, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Nur Aini Latifah, SE., MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnyalembaga keuangan mikro guna membantu pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. Akan tetapi, BMT sebagai lembaga keuangan mikro syariah masih belum menjadi pilihan utama dalam masyarakat untuk mengajukan pembiayaan. Hal ini tidak terlepas dari minat masyarakat yang dipengaruhi oleh pengetahuan, pengalaman, motif sosial, dan emosional. Fokus penelitian ini yaitu: (1) Apakah pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap minat anggota mengajukan pembiayaan di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Istiqomah? (2) Apakah pengalaman berpengaruh secara signifikan terhadap minat anggota mengajukan pembiayaan di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Istiqomah Tulungagung ? (3) Apakah motif sosial berpengaruh secara signifikan terhadap minat anggota mengajukan pembiayaan di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Istiqomah? (4) Apakah emosional berpengaruh secara signifikan terhadap minat anggota mengajukan pembiayaan di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Istiqomah Tulungagung ? (5) Apakah pengetahuan, pengalaman, motif sosial, dan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap minat anggota mengajukan pembiayaan di BMT Nusantara Umat Mandiri dan BMT Istiqomuah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pengetahuan, pengalaman, motif sosial, dan emosional terhadap minat anggota mengajukan pembiayaan di BMT baik secara parsial maupun stimultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianasosiatif komparatif.Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan angket oleh peneliti. Dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan memenuhi uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (1) pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat anggota mengajukan pembiayaan (2) Variabel pengalaman berpengaruh signifikan terhadap minat anggota mengajukan pembiayaan (3) motif socialberpengaruh signifikan terhadap minat anggota mengajukan pembiayaan (4) Emosional berpengaruh signifikan terhadap minat anggota mengajukan pembiayaan (5) pengetahuan, pengalaman, motif sosial, emosional secara stimultan berpengaruh signifikan terhadap minat anggota mengajukan pembiayaan Kata Kunci : Pengetahuan, Pengalaman, Motif Sosial, Emosional, Minat

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163316 Laila Khamidatun Nisa
Date Deposited: 13 Oct 2020 07:37
Last Modified: 13 Oct 2020 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item View Item