EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MAN 1 TULUNGAGUNG

HANIK NUR ROHMAH, 17201163124 (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (550kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X1 MAN 1 Tulungagung” yang ditulis oleh Hanik Nur Rohmah, NIM. 17201163124, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. H. Asrop Safi’I, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan, E-Learning, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran peserta didik yang kurang aktif tidak memperhatikan materi yang disampaikan guru. Peserta didik jarang mengajukan pertanyaan ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Sehingga diperlukan media untuk merangsang keaktifan peserta didik, salah satunya dengan E-Learning. E-learning merupakan proses pembelajaran yang dilakukan melalui network (jaringan). E Learning memungkinkan tersampaikannya bahan ajar kepada peserta didik menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi berupa ponsel dan jaringan internet. Sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih efektif, efisien, dan juga praktis. Tidak hanya itu proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana efektivitas menggunakan media E-Learning dalam pembelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI di MAN 1 Tulungangung? (2) Bagaimana efektivitas menggunakan media E-Learning dalam pembelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar afektif peserta didik kelas XI di MAN 1 Tulungagung? (3) Bagaiman efektivitas menggunakan media E Learning dalam pembelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar psikomotorik peserta didik kelas XI di MAN 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan jenis desain Quasi Eksperimen. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas XI MAN 1 Tulungagung yang berjumlah 336 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 60 siswa dari kelas eksperimen (XI MIPA 3) dan kelas kontrol (XI MIPA 4). Data ini diambil menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yaitu t-test dengan menggunakan SPSS 16.0 serta menghitung d menggunakan rumus Effect Size dari Cohen’s d. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat efektivitas yang signifikan media E-Learning dalam pembelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik dengan perolehan hasil nilai probabilitas signifikansi = 7,045 , sehingga diperoleh 7,045 0,05 dengan taraf nyata ɑ = 0,05. Pengaruh yang dimiliki tergolong besar dengan nilai d = 1,839. (2) Terdapat efektivitas yang signifikan media E-Learning dalam pembelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar ranah afektif peserta didik dengan perolehan hasil nilai probalitas signifikansi = 5,052 , sehingga diperoleh 5,052 0,05 dengan taraf nyata ɑ = 0,05. Pengaruh yang dimiliki tergolong besar dengan nilai d = 1,314. (3) Terdapat efektivitas yang signifikan media E-Learning dalam pembelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik dengan perolehan hasil nilai probalitas signifikansi = 3,616 , sehingga diperoleh 3,616 0,05 dengan taraf nyata ɑ = 0,05. Pengaruh yang dimiliki tergolong besar dengan nilai d = 0,943.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163124 HANIK NUR ROHMAH
Date Deposited: 12 Oct 2020 07:41
Last Modified: 12 Oct 2020 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16853

Actions (login required)

View Item View Item