PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR

DHURIATUL CHUSNAH, 17201163011 (2020) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (800kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (425kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (410kB)

Abstract

xviii ABSTRAK Dhuriatul Chusnah, NIM. 17201163011, “Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: H. Muh Nurul Huda, M.A Kata Kunci: Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik untuk belajar, sehingga peserta didik tidak berusaha untuk mengarahkan segala kemampuannya dan berdampak pada hasil belajar yang diperoleh peserta didik tidak tercapai secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah(1) Adakah pengaruh motivasi intrinsik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar? (2) Adakah pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk memaparkan pengaruh motivasi intrinsik terhadap hasil belajar belajar peserta didik kelas X mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. (2) Untuk memaparkan pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar belajar peserta didik kelas X mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif korelasi, lokasi penelitiannya di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil sampel berdasarkan tujuan tertentu. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar, sedangkan sampelnya kelas XA dan XB. Dalam pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan dua uji yaitu: a) uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas dan uji linieritas. b) uji hipotesis yaitu dengan uji regresi sederhana dan uji anova. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa motivasi intrinsik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil nilai t hitung adalah 3,393 dan diketahui nilai ttabel 0,297 sehingga thitung > ttabel dan taraf sign 0,00 (0,00 < 0,05), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa motivasi ekstrinsik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil nilai thitung adalah 0,635 dan diketahui nilai ttabel 0,297 sehingga thitung > ttabel dan taraf sign 0,00 (0,00 < 0,05), artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163011 DHURIATUL CHUSNAH
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:24
Last Modified: 13 Oct 2020 02:24
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16847

Actions (login required)

View Item View Item