IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK

WAHYU ROIYAN, 17201163364 (2020) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (992kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (377kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Siswa Di MTsN 1 Trenggalek” ini di tulis oleh Wahyu Roiyan, NIM 17201163364, Pembimbing Dr. Chusnul Chotimah M.Ag. Kata kunci: Implementasi, Ekstrakurikuler Pramuka, Karakter Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa karakter anak bangsa saat ini mulai terkikis dan tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia. Faktor yang menyebabkan merosotnya karakter anak bangsa adalah kurangnya perhatian dari orang tua, kurangnya perhatian dari guru dan kenakalan remaja. Maka dari itu, penanaman nilai karakter sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Dalam upaya penanaman karakter hendaknya melalui cara yang menyenangkan sehingga anak bisa menerima serta ringan dalam melakukannya. Salah satu cara yang efektif yaitu melalui kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dimana, dalam kegiatan ini mempunyai dampak yang luar biasa bagi karakter anak namun juga bersifat menyenangkan. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengangkat judul Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Siswa Di MTsN 1 Trenggalek. Fokus penelitian yang di kaji dalam skripsi ini, dapat di jabarkan dalam beberapa pertanyaan sebagai berikut:(1) Bagaimana implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk sikap komitmen siswa di MTsN 1 Trenggalek ? (2) Bagaiamana implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk sikap aktif dalam kegiatan agama di MTsN 1 Trenggalek ? (3) Bagaimana implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk sikap semangat mengkaji ajaran agama di MTsN 1 Trenggalek ?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan verifikasi data. Pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan pengujian credibility, pengujian transferability, pengujian dependability,dan pengujian confirmability. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk sikap komitmen siswa di MTsN 1 Trenggalek dibagi menjadi dua yaitu komitmen terhadap diri sendiri dan komitmen terhadap organisasi. Komitmen terhadap diri sendiri dalam Ekstrakurikuler Pramuka dilakukan melalui cara pembiasaan-pembiasaan yang menjadi budaya sekolah dan organisasi Pramuka, seperti sholat di awal waktu, teladan baik guru, dan penempuhan buku SKU. Sedangkan, untuk komitmen organisasi dilakukan melalui kegiatan-kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka yang dikemas nyaman, menarik dan menyenangkan yaitu dengan membuat inovasi, serta pembina mampu masuk dan memahami dunia siswa, sehingga siswa loyal, merasa memiliki dan menjaga organisasi Pramuka (2) Implementasi EkstrakurikulerPramuka dalam membentuk sikap aktif dalam kegiatan agama di MTsN 1 Trenggalek, yaitu dengan mengasah rasa peduli sosial siswa, dilakukan dengan cara memberi tanggung jawab siswa atas program-program yang telah diusung seperti program bhakti sosial berupa santunan anak yatim, menjadi relawan lingkungan, program PHBI dan juga kegiatan kemah arofah. (3) Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk sikap semangat mengkaji ajaran agama di MTsN 1 Trenggalek, yaitu dengan menguatkan ajaran agama Islam dalam diri siswa, yang dilakukan dengan cara menggiatkan program program yang mampu meningkatkan semangat mengkaji ajaran agama seperti kegiatan tafakur alam, program jum`at taqorub dan kajian agama islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163364 WAHYU ROIYAN
Date Deposited: 09 Oct 2020 06:56
Last Modified: 09 Oct 2020 06:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16832

Actions (login required)

View Item View Item