PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS III MI RAUDLATUT THOLABAH KRANDING MOJO KEDIRI

RAHMAWATI, YENI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS III MI RAUDLATUT THOLABAH KRANDING MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran bahasa Arab Siswa Kelas III MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri” ini ditulis oleh Yeni Rahmawati, NIM: 3217113106, pembimbing Dr. Nur Kholis, M. Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Prestasi Belajar Siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibitidaiyah Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri pada kelas III, siswa lemah dalam menguasai materi yang diajarkan guru, khususnya bahasa Arab. Karena siswa selalu diberi pembelajaran dengan metode yang membuat siswa kurang berkembang, sehingga dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa menurun. Meyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode yang tepat dan efektif. Metode make a match sebagai salah satu metode belajar yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan karena siswa terlibat aktif dalam pembelajaran bahasa Arab materi peralatan sekolah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini difokuskan pada: (1) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan kosa kata siswa pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas III MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada kelas III MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserch) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Arab. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tjuan pembeajaran yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 60. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu prestasi belajar dalam menghafalkan kosa kata dan mengidentifikasi makna kosa kata atau kalimat sederhana tentang peralatan sekolah. Pda siklus I dengan nilai rata-rata 63,40 (61,36%) dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,82 (91,30%). Bedasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab pada kelas III MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: YENI RAHMAWATI
Date Deposited: 10 Sep 2015 01:54
Last Modified: 10 Sep 2015 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1683

Actions (login required)

View Item View Item