HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN INTENSI PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG

INDANA TAUFIQUL BAROROH, 17205163301 (2020) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN INTENSI PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

xiv ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Mata pelajaran Akidah Akhlak Dengan Intensi Perilaku Prososial Siswa Di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Indana Taufiqul Baroroh, NIM. 17205163301, pembimbing Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci: Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru akidah akhlak, Intensi perilaku prososial siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa setiap baik buruknya persepsi siswa tentang kemampuan kepribadian seorang guru akidah akhlak itu dapat mempengaruhi kecenderungan siswa dalam berperilaku prososial dengan orang lain. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dengan intensi perilaku prososial siswa di MIN 4 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 4 Tulungagung?. 2) Bagaimana tingkat intensi perilaku prososial siswa di MIN 4 Tulungagung?. 3) Bagaimana hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru mata pelajaran Akidah Akhlak dengan intensi perilaku prososial siswa di MIN 4 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menjelaskan persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MIN 4 Tulungagung. 2) untuk menjelaskan tingkat intensi perilaku prososial siswa di MIN 4 Tulungagung. 3) untuk menjelaskan hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru mata pelajaran Akidah Akhlak dengan intensi perilaku prososial siswa di MIN 4 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrument penelitian ini berupa angket untuk memperoleh data mengenai persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru akidah akhlak, dan intensi perilaku prososial siswa. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru akidah akhlak di MIN 4 Tulungagung dalam kategori sangat positif. Hal ini ditunjukkan dari analisis data diperoleh dari 47 siswa, yaitu sebanyak 21 reponden (45%) mempunyai persepsi yang positif, dan 26 responden (55%) mempunyai persepsi yang sangat positif, dan tidak ada responden yang memiliki persepsi kurang positif, negatif, dan sangat negatif tentang kompetensi kepribadian guru akidah akhlak. 2) Intensi perilaku prososial siswa di MIN 4 Tulungagung memiliki interpretasi sedang. Hal ini ditunjukkan dari analisis data diperolehskor tertinggi sebesar 135, dan skor terendah sebesar 74. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata (mean) sebesar 104.2979, dan besar persentase intensi perilaku siswa sebesar 70%. karena 70% menempati interval 51%- 70% yang berarti sedang, maka intensi perilaku prososial siswa di MIN 4 Tulungagung dalam kategori sedang. 3) Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru akidah akhlak dengan intensi prilaku prososial siswa diuji menggunakan pengujian korelasi product moment dari pearson. Analisis pendahuluan dilakukan untuk memastikan bahwa asumsi normalitas, linieritas, dan heteroskedastisidas terpenuhi. Hasil pengujian menunjukkan adanya korelasi positif, dan signifikan antara kedua variabel, r = 0.305, n = 47, p < 0.05. Semakin tinggi atau positif persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru, maka semakin tinggi pula intensi perilaku prososial siswa kelas IV, dan V di MIN 4 Tulungagung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru akidah akhlak mempengaruhi dalam intensi perilaku prososial siswa kelas IV dan V di MIN 4 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163301 INDANA TAUFIQUL BAROROH
Date Deposited: 08 Oct 2020 04:00
Last Modified: 08 Oct 2020 04:00
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16827

Actions (login required)

View Item View Item