PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VIZUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) BERBANTUAN ALAT PERAGA ULIN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI UNSUR-UNSUR LINGKARAN DI MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI

BIA SETYARINI SUNTIKA, 17204163229 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VIZUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) BERBANTUAN ALAT PERAGA ULIN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI UNSUR-UNSUR LINGKARAN DI MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (504kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Vizualization, Intellectually (SAVI) Berbantuan Alat Peraga Ulin terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Unsur-Unsur Lingkaran di MTs Darul Hikmah Tawangsari,” ini ditulis oleh Bia Setyarini Suntika, NIM. 17204163229, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata kunci: SAVI, Alat Peraga Ulin, Minat Belajar, Hasil Belajar, Unsur-Unsur Lingkaran Fenomena di lapangan menunjukan bahwa masih rendahnya minat dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika karena siswa menilai bahwa pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang sulit dan menakutkan. Model pembelajaran Somatic, Auditory, Vizualization, Intellectually (SAVI) mempunyai kelebihan memunculkan suasana yang lebih baik, menarik, dan efektif. Untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dan menarik salah satunya model pembelajaran SAVI. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan alat peraga ulin terhadap minat belajar siswa kelas VIII materi unsur-unsur lingkaran di MTs Darul Hikmah Tawangsari, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan alat peraga ulin terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi unsur-unsur lingkaran di MTs Darul Hikmah Tawangsari, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan alat peraga ulin terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII materi unsur-unsur lingkaran di MTs Darul Hikmah Tawangsari. Jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam peneltian ini menggunakan teknik sampling purposive. Kelas VIII E menjadi kelas eksperimen dan kelas VIII F menjadi kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan alat peraga ulin terhadap minat belajar siswa kelas VIII materi unsur-unsur lingkaran di MTs Darul Hikmah Tawangsari. Dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,008 < 0,05 maka tolak dan terima . (2) Ada pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan alat peraga ulin terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi unsur-unsur lingkaran di MTs Darul Hikmah Tawangsari. Dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka tolak dan terima . (3) Ada pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan alat peraga ulin terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII materi unsur unsur lingkaran di MTs Darul Hikmah Tawangsari. Dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka tolak dan terima .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163229 BIA SETYARINI SUNTIKA
Date Deposited: 07 Oct 2020 07:10
Last Modified: 07 Oct 2020 07:10
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16824

Actions (login required)

View Item View Item