PENGARUH KESEHATAN MENTAL ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NISA'UL KARIMAH, 17205163275 (2020) PENGARUH KESEHATAN MENTAL ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (302kB)

Abstract

xvii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kesehatan Mental Anak Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nisa’ul Karimah, NIM. 17205163275, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Imam Junaris M.HI Kata Kunci: Kesehatan Mental, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar antara peserta didik dan guru yang masih kurang efektif dan efisien. Dimana ketika guru menerangkan pelajaran masih banyak peserta didik yang ramai sendiri tidak mendengarkan penjelasan guru, mengganggu teman lain yang sedang belajar. Selain itu ada juga peserta didik yang sulit konsentrasi karena keadaan lelah, badan kurang vit dan lain lain. Hal tersebut menjadikan hasil belajar peserta didik pun beragam, ada yang baik, sedang maupun rendah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh faktor internal anak terhadap hasil belajar peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) Adakah pengaruh faktor eksternal anak terhadap hasil belajar peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (3) Berapa besar pengaruh faktor internal dan faktor eksternal anak secara simultan (bersama-sama) terhadap hasil belajar peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh faktor internal anak terhadap hasil belajar peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh faktor eksternal anak terhadap hasil belajar peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor internal dan faktor eksternal anak secara simultan (bersama-sama) terhadap hasil belajar peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dengan Nonprobability Sampling dengan jenis Samling Purposive yang sampelnya diambil langsung dari kelas VA, VB, dan VC yang berjumlah 60 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kesehatan mental anak, dan nilai raport untuk hasil belajar peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, uji instrumen meliputi, uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi dasar meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan teknik uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh faktor internal anak terhadap hasil belajar peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, hal ini dilihat dari hasil analisis uji t terbukti thitung sebesar 4,014 ˃ t tabel sebesar 2,002, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa “ Terdapat Pengaruh Faktor Internal Anak Terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung”. (2) ada pengaruh faktor eksternal anak terhadap hasil belajar peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, hal ini dilihat dari hasil analisis uji t terbukti t hitung sebesar 4,831 ˃ t tabel sebesar 2,002, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa “ Terdapat Pengaruh Faktor Eksternal Anak Terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung”. (3) Besar pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Anak secara Simultan (bersama-sama) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah 38%, hal ini dilihat dari hasil uji r hitung sebesar 0,617 maka selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y dengan menggunakan koefisien determinan r² dengan rumus r2= r2 x 100%. Dari hasil perhitungan diperoleh 38,1% dibulatkan menjadi 38%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel X1X2 secara simultan terhadap variabel Y sebesar 38%. Artinya ada pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Anak terhadap Hasil Belajar sebesar 38%, yang 62% merupakan faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163275 NISA'UL KARIMAH
Date Deposited: 07 Oct 2020 07:14
Last Modified: 07 Oct 2020 07:14
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16819

Actions (login required)

View Item View Item