GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

RISMA KHOIRUN NISA', 17204163174 (2020) GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Gesture Matematis Siswa dalam Menyelesaiaka n Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Risma Khoirun Nisa’, NIM 17204163174, Pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, Gesture Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam proses pemecahan masalah matematika siswa sering melakukan gerakan, terlebih pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Gerakan pada saat menyelesaikan masalah matematika ini biasa disebut dengan gesture matematis, yang berperan sebagai mediasi (perantara) antara siswa satu dengan siswa lain untuk mengutarakan pendapatnya. Dalam hal ini untuk mengetahui bagaimana gesture matematis itu muncul pada siswa, peneliti menggunakan pendapat David MC Neill yang mengklasifikasikan gesture ke dalam 3 jenis yaitu, gesture ikonik, gesture metaforik, dan gesture deiktik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana gesture ikonik matematis siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana gesture metaforik matematis siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana gesture deiktik matematis siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel di MA At- Thohiriyah Ngantru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan gesture ikonik matematis siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan gesture metaforik matematis siswa dalam menyelesa ikan sistem persamaan linear tiga variabel di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan gesture deiktik matematis siswa dalam menyelesa ikan sistem persamaan linear tiga variabel di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelit ian deskriptif. Subyek yang digunakan pada penelitian ini adalah 6 siswa kelas X yang dikelompokkan secara homogen, yang terdiri dari kelompok 1 terdiri dari dua siswa berkemampuan tinggi, kelompok 2 terdiri dari dua siswa berkemampuan sedang, dan kelompok 3 terdiri dari dua siswa berkemampuan rendah. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan transkripsi, segmentas i, pengkodean, pengkategorisasian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh (1) gesture ikonik pada siswa muncul dengan gerakan tangan melayang di udara yang digunakan untuk menggambarka n sesuatu yang konkret dari soal seperti menggambarkan simbol matematika dan juga angka perhitungan dari hasil jawaban yang bertepatan dengan ucapan yang mempresentasikan makna yang sama. (2) gesture metaforik muncul pada siswa dengan gerakan mengangkat, mengetuk pada meja dan kertas baik dengan tangan ataupun bolpoin. Gesture metaforik digunakan siswa untuk menyajikan ide abstrak dari soal maupun jawaban yang diperoleh dan menyajikannya dalam gambaran isi semantik, seperti penyebutan tanda matematika. (3) gesture deiktik muncul dengan gerakan menggunakan jari telunjuk, jari tengah dan ibu jari digunakan untuk menunjukkan sebuah objek yang dimaksudkan siswa yang ada pada lembar soal dan lembar pengerjaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: RISMA KHOIRUN NISA' 17204163174
Date Deposited: 06 Oct 2020 06:01
Last Modified: 06 Oct 2020 06:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16807

Actions (login required)

View Item View Item