PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

QONIFATUL AFIFAH, 17205163178 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (666kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (726kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Qonifatul Afifah, NIM. 17205163178, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar Llingkungan sekolah mempunyai peran yang penting bagi peserta didik dalam mencapai prestasi belajarnya. Semakin baik lingkungan yang terdapat di suatu sekolah maka semakin memotivasi peserta didik untuk belajar lebih giat dalam meraih prestasi. Pada dasarnya motivasi belajar peserta didik berbeda-beda, Hal ini diantaranya disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran, keadaan gedung sekolah, kurikulum, dan kedisiplinan. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Apakah terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? 2) Seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV dengan sampel sebanyak 29 siswa dari 2 kelas yaitu kelas IV-A yang berjumlah 15 siswa dan kelas IV-B berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan koefisien determinan, yang sebelumnya diuji validitas, reliabilitas instrument dan uji prasyarat, normalitas dan linearitas. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis dengan kriteria, jika nilai sig > α maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sebaliknya jika sig ≤ α maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulan yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Adanya pengaruh ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,753 yang lebih besar dari t tabel yakni 2,051, dan juga nilai sig sebesar 0,001 yang lebih kecil atau kurang dari α yaitu 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. 2) Besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung adalah 34,3% Sehingga dapat dikatakan bahwa lingkungan sekolah cukup berpengaruh terhadap motivasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163178 QONIFATUL AFIFAH
Date Deposited: 07 Oct 2020 03:43
Last Modified: 07 Oct 2020 03:43
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16806

Actions (login required)

View Item View Item