EKONOMI KREATIF DI ERA MILENIAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Maraknya Game online Player Unknown’s Battle Grounds Mobile di Tulungagung)

ALFIAN RIZKI MARDIANSAH, 17402163376 (2020) EKONOMI KREATIF DI ERA MILENIAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Maraknya Game online Player Unknown’s Battle Grounds Mobile di Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstract

x ABSTRAK Skripsi dengan judul “Ekonomi Kreatif Di Era Milenial Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Maraknya Game online Player Unknown’s Battle Grounds Mobile di Tulungagung),” ditulis oleh Alfian Mardiansah, NIM. 17402163376, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Player Unknown’s Battle Grounds Mobile menjadi salah satu game yang digemari dalam berbagai kalangan, khususnya dari kalangan generasi milenial. Game ini yang merupakan wahana bermain namun disisi lain memiliki nilai ekonomis, yang juga menghasilkan nominal. Maka dari itu, penulis mengkaji dampak Player Unknown’s Battle Grounds Mobile dalam sektor ekonomi. Khususnya dalam penelitian ini mengkaji dampak positif Player Unknown’s Battle Grounds Mobile bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung. Selain itu, pada sisi lain dalam kajian ini yaitu bagaimana ketentuan ekonomi syariah dalam memberikan batasan terkait objek dan subjek jual beli dalam game Player Unknown’s Battle Grounds Mobile. Fokus dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana peran permainan online dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat Tulungagung?, 2) Apa saja faktor yang memengaruhi permainan online dalam peningkatan perekonomian masyarakat Tulungagung?, 3) Bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap laba yang diperolah dari hasil tranksasi permainan online di Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, yaitu penelitian kualitatif deskriptif yaitu riset yang dilaksanakan untuk mencari fakta yang sebenarnya kemudian data tersebut diolah dan dideskripsikan tentang dampak game online dalam peningkatan perekonomian di Tulungagung. Pengumpulan data dalam penelitian ini, dengan menggunakan teknik wawancara, serta didukung dengan observasi dan dokumentasi. Sementara untuk pengambilan informan dipilih dengan model Snowball sampling maka jumlahnya dapat ditentukan ketika penelitian berjalan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menurut Miles dan Huberman, meliputi: reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam skripsi ini dilakukan dengan, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, hingga diskusi dengan teman sejawat. Hasil dalam penelitian ini, yiatu: 1) Permainan online telah diakui oleh pemerintah melalui Perpres Nomor 72 tahun 2015 tentang ekonomi kreatif pada sub bab tentang gamedeveloper (pengembang game), di Tulungagung meski belum menjadi ekonomi dengan hasil yang besar, namun sangat berpotensi. Terbukti dengan adanya traksaksi jual beli game online, baik item atau akun, yang dilakukan melalui komunitas atau individual. 2) Beberapa faktor menjadi pengaruh dalam perkembangan game online di Tulungagung, diantaranya yaitu: adanya komunitas sebagai wadah, adanya pasar konvensioanl melalui traksasi secara langsung / COD (Cash on Delivery), keberadaan sosial media sebagai pasaraktif. Perkembangan permainan online dalam ranah ekonomi di Tulungagung, faktor eksternal atau lebih ke keberadaan pasar menjadi faktor pendukung. 3) Berkaitan dengan penelitian ini, proses jual beli yang sah dalam perspektif ekonomi islam. Game yang menghasilkan manfaat dan itu tidak dilarang oleh agama, dari berbagai tahapan hingga penjualan maka itu tidak menjadi masalah. Jika dampak yang dimunculkan dari sebuah game tersebut condong kearah negatif maka permainan atau game tersebut harus dijauhi dan dinyatakan dilarang. Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Era Milenial, Game online Player Unknown’s Battle Grounds Mobile

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163376 Alfian Rizki Mardiansah
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:51
Last Modified: 06 Oct 2020 03:51
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16805

Actions (login required)

View Item View Item