ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI DALAM MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII MTS AL UMRON BENDOSEWU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ANISSA FITRIANI, 17210163032 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI DALAM MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII MTS AL UMRON BENDOSEWU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Penggunaan Diksi dalam Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII MTs Al Umron Bendosewu Tahun Pelajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Anissa Fitriani dengan dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Analisis, Penggunaan Diksi, Teks Fabel Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesalahan dalam pemilihan kata, penggunaan ejaan bahasa Indonesia dan kalimat efektif yang kurang diperhatikan dalam menulis teks fabel. Hal ini yang menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Penggunaan Diksi dalam Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII MTs Al Umron Bendosewu Tahun Pelajaran 2019/2020” Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1). bagaimana penggunaan diksi dalam menulis teks fabel siswa kelas VII MTs Al Umron Bendosewu? 2). bagaimana bentuk kesalahan diksi dalam menulis teks fabel siswa kelas VII MTs Al Umron Bendosewu?, dan 3). bagaimana dampak penggunaan diksi terhadap isi dan makna dalam dalam menulis teks fabel siswa kelas VII MTs Al Umron Bendosewu? Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1). Untuk mendeskripsikan penggunaan diksi dalam menulis teks fabel siswa kelas VII MTs Al Umron Bendosewu, (2) Untuk mendeskripsikan penyebab kesalahan diksi dalam menulis teks fabel siswa kelas VII Mts Al Umron Bendosewu, dan (3) Untuk mendeskrisikan dampak penggunaan diksi terhadap isi dan makna dalam menulis teks fabel siswa kelas VII Mts Al Umron Bendosewu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Sumber data beupa karangan siswa dalam menulis teks fabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data berupa triagulasi teori dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan kata (diksi) peserta didik masih rendah mulai dari dampak kesalahan antar kata. Hal ini diketahui bahwa penggunaan kata yang besinonim sebanyak 7, pemakaian kata umum sebanyak 3, pemkaian kata khusus sebanyak 2, pemakaian kata bermakna denotasi dan konotasi sebanyak 3, kelangsungan pilihan kata sebanyak 5, Penggunaan kata indria sebanyak 5, Penggunaan kata ungkapan idiomatik sebanyak 6, Penggunaan kata kebakuan dan tidakkebakuan sebanyak 3. Bentuk kesalahan diksi dalam menulis teks fabel sebanyak 5.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163032 ANISSA FITRIANI
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:49
Last Modified: 05 Oct 2020 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item