KESALAHAN FRASA DALAM KARANGAN NARASI SUGESTIF KARYA SISWA KELAS VII-8 MTsN 1 BLITAR

KRISNINA MAHARANI, 17210163016 (2020) KESALAHAN FRASA DALAM KARANGAN NARASI SUGESTIF KARYA SISWA KELAS VII-8 MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kesalahan Frasa dalam Karangan Narasi Sugestif Karya Siswa Kelas VII-8 MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Krisnina Maharani, NIM. 17210163016, pembimbing Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Kesalahan Frasa, Karangan Narasi Sugestif Karangan narasi sugestif karya siswa merupakan salah satu hasil dari pembelajaran keterampilan menulis. Siswa lebih senang membaca atau menulis sebuah karangan narasi sugestif daripada karangan narasi yang lain. Namun dalam penulisannya, mereka masih kurang memperhatikan kaidah kebahasaan dalam teks narasi sugestif atau cerita imajinatif. Oleh karena itu, diperlukan bimbingan dan arahan dari pihak-pihak terkait terutama guru bahasa Indonesia agar karya-karya siswa berupa karangan narasi sugestif bisa menjadi lebih baik lagi. Terkait dengan hal ini, peneliti menganalisis kesalahan frasa dalam karangan narasi sugestif karya siswa kelas VII-8 MTsN 1 Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kesalahan frasa endosentris dalam karangan narasi sugestif karya siswa kelas VII-8 MTsN 1 Blitar?; (2) bagaimana kesalahan frasa eksosentris dalam karangan narasi sugestif karya siswa kelas VII-8 MTsN 1 Blitar?; (3) bagaimana penyebab kesalahan frasa dalam karangan narasi sugestif karya siswa kelas VII-8 MTsN 1 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) mendeskripsikan kesalahan frasa endosentris dalam karangan narasi sugestif karya siswa kelas VII-8 MTsN 1 Blitar; (2) mendeskripsikan kesalahan frasa eksosentris dalam karangan narasi sugestif karya siswa kelas VII-8 MTsN 1 Blitar; (3) mendeskripsikan penyebab kesalahan frasa dalam karangan narasi sugestif karya siswa kelas VII-8 MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari hasil karya siswa berupa karangan narasi sugestif. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah dokumentasi. Adapun teknik analisis data ada tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 99 kesalahan frasa endosentris yang terdiri dari kesalahan frasa apositif sebanyak 11, atributif sebanyak 61, dan koordinatif sebanyak 40, sedangkan kesalahan frasa eksosentris terdapat 86 kesalahan yang terdiri dari kesalahan frasa eksosentris direktif sebanyak 81 dan nondirektif sebanyak 4. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang paling sering terjadi yaitu kesalahan frasa eksosentris direktif sebanyak 81 kesalahan. Selain itu, terdapat delapan penyebab kesalahan frasa dalam karangan narasi sugestif yaitu struktur penulisan frasa kurang tepat, unsur-unsur dalam frasa tidak setara, penggunaan atribut dalam frasa endosentris berlebihan, kesalahan dalam pemilihan atribut pada frasa endosentris, pemilihan unsur pusat dalam frasa endosentris tidak sepadan, penulisan kata depan sebagai penanda frasa sebagai aksinya dirangkai, kesalahan pemilihan kata depan pada frasa depan, dan penulisan artikula yang dirangkai dengan unsur sumbunya berupa nomina.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163016 KRISNINA MAHARANI
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:40
Last Modified: 05 Oct 2020 03:40
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16795

Actions (login required)

View Item View Item