STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT (BERCORAK ISLAMI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG

MOHAMAD NURUDIN, 17201163016 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT (BERCORAK ISLAMI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (918kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler (Pencak Silat Bercorak Islami) dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTs Al Ma‟arif Tulungagung” ini ditulis oleh Mohamad Nurudin, NIM. 17201163016 yang dibimbing oleh Ibu Lailatuzz Zuhriyah, M.Fill.I Kata Kunci: Strategi, Ekstrakurikuler (Pencak Silat Bercorak Islami), dan Membentuk Karakter Religius Siswa Penelitian dalam skripsi ini di dasarkan atas fenomena di MTs Al Ma‟arif bahwa karakter religius siswa seiring dengan kemajuan zaman sekarang ini menjadi semakin terkikis. Oleh karena itu, sebagai Madrasah Tsanawiyah yang berdampingan dengan pondok maka perlu merumuskan strategi pembelajaran tertentu agar karakter religius dalam diri siswa dapat berkembang dengan baik serta selaras dengan Visi dan Misi. Untuk karena itu pengasuh ponpes panggung Tulungagung mendirikan Madrasah Tsanawiyah Al Ma‟arif Tulungagung. Dengan tujuan untuk mewujudkan Pada akhir studi agama siswa telah memiliki landasan akidah dan keimanan yang kokoh dan kuat serta, semua siswa fasih dan terampil membaca Al Qur‟an dan semua siswa telah sadar dan ikhlas melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam beribadah kepada Allah SWT. Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh keinginan peneliti untuk mengetahui strategi pembelajaran ekstrakurikuler (pencak silat) dalam membentuk karakter religius siswa. Sekolah merupakan tempat yang penting dalam membentuk karakter siswa. Jika siswa dibekali dengan Religius yang cukup dan paham akan pentingnya karakter religius, maka setiap akan melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kebaikan sesuai dengan agama dan akan teringat dengan Tuhannya. Pembentukan karakter religius siswa tidak akan berlangsung dengan sendirinya, akan tetapi proses tersebut dipengaruhi oleh lingkungan sekolah. Segala peristiwa yang terjadi di dalam sekolah semestinya dapat di integrasikan dalam sebuah usaha bersama dari seluruh warga sekolah untuk menciptakan sebuah kultur baru yaitu kultur pendidikan karakter religius. Melalui proses pembinaan dalam pembentukan karakter religius akan menumbuhkan perilaku-perilaku yang baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1). Bagaimana strategi pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat dalam membentuk karakter religius dari aspek Iman siswa di MTs Al Ma‟arif Tulungagung. 2). Bagaimana strategi pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat dalam membentuk karakter religius dari aspek Islam siswa di MTs Al Ma‟arif Tulungagung. 3). Bagaimana strategi pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat dalam membentuk karakter religius dari aspek Ihsan siswa di MTs Al Ma‟arif Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui strategi pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat dalam membentuk karakter religius dari aspek Iman siswa di MTs Al Ma‟arif Tulungagung 2). Untuk mengetahui strategi pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat dalammembentuk karakter religius dari aspek Islam siswa di MTs Al Ma‟arif Tulungagung. 3). Untuk mengetahui strategi pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat dalam membentuk karakter religius dari aspek Ihsan siswa di MTs Al Ma‟arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, berlokasi di MTs Al Ma‟arif Tulungagung, sumber data penelitian ini menggunakan dua data yaitu data primer dan data skunder, metode pengumpulannya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk mengecek keabsaan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan dan keajegkan pengamatan, dan triangulasi. Penelitian ini menunjukkna bahwa: 1).Strategi pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat dalam membentuk karakter religius dari aspek iman siswa, guru pendamping dan pelatih selalu mewajibkan siswa untuk sholat dzuhur terlebih dahulu di rumah sebelum berangkat latihan, pelatih menyuruh siswa-siswi melakukan wudhu terlebih dahulu sebelum mengikuti latihan Pencak Silat Pagar Nusa, mewajibkan bagi siswi untuk memakai kerudung pada saat latihan Pencak Silat Pagar Nusa, menyuruh untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai latihan Pencak Silat Pagar Nusa, pelatih membacakan Prasetya Pagar Nusa yang diikuti oleh siswa, memotivasi siswa-siswi untuk selalu taat di jalan Allah SWT. 2). Strategi pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat dalam membentuk karakter religius dari aspek islam siswa, guru pendamping dan pelatih memotivasi siswa untuk melakukan sholat lima waktu dan membaca al-Qur‟an di rumah, pelatih memberi materi ketika ujian kenaikan tingkat di pos ujian keagamaan, mengajarkan untuk selalu berdzikir setelah selesai sholat dan mengamalkan apa yang sudah dijanjikan Allah al-Qur‟an. 3).Strategi pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat dalam membentuk karakter religius dari aspek ihsan siswa, guru pendamping dan pelatih selalu memberikan pengertian dan pemahaman agar saling menghormati sesama anggota, senior dan pelatih yang ada ketika di dalam maupun di luar madrasah, mengajarkan anak untuk selalu meminta doa restu kepada orang tua sebelum berangkat latihan, mengajarkan anak untuk selalu berbakti kepada orang tua dengan menyuruh mereka untuk mencuci kaki orang tua ketika pengesahan warga Pagar Nusa. Pembelajaran ekstrakurikuler pencak silat dapat memberikan konstribusi dalam pembentukan karakter religius siswa Al Ma‟arif Tulungagung berupa sikap disiplin, tanggung jawab, religius dan mandiri. Pembelajaran esktarkurikuler pencak silat dalam membentuk karakter religius siswa melalui materi mengenal unsur-unsur gerak yang mengintegrasikan pendidikan karakter religius, secara implisit maupun materi-materi pembiasaan pembiasaan kegiatan positif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163016 MOHAMAD NURUDIN
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:45
Last Modified: 05 Oct 2020 03:45
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16786

Actions (login required)

View Item View Item