PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

FAFI ROHMATILLAH, 17205163244 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (237kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis Fafi Rohmatillah, NIM 17205163244, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tipe Snowball Throwing, Keaktifan, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang cenderung membosankan, kurang menarik dan masih berpusat oleh guru. Salah satu cara untuk membuat siswa lebih tertarik dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Fiqih adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Penelitian ini dilaksanakan di MI Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung pada kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap keaktifan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih di MI Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung? (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih di MI Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung? (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih di MI Tarbiyatussibyan Kalidawir Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung dan sampel yang diambil adalah siswa kelas V-A berjumlah 19 siswa dan V-B berjumlah 16 siswa. Dalam pengambilan teknik sampling adalah sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes (post-test) sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji t dan uji manova, sebelumnya diuji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap keaktifan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Fiqih di Mi Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk keaktifan belajar pada mata pelajaran Fiqih diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,013, yangberarti 0,013 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Fiqih di Mi Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,001, yang berarti 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (3) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Fiqih di Mi Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,001, yang berarti 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163244 FAFI ROHMATILLAH
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:36
Last Modified: 05 Oct 2020 04:36
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16783

Actions (login required)

View Item View Item