PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP SIKAP RELIGIUS DAN SIKAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTSN 4 TULUNGAGUNG

ELVIKA PUTRI NUR WAHYUNI, 17201163082 (2020) PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP SIKAP RELIGIUS DAN SIKAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (24kB)

Abstract

xix ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Keteladanan Guru terhadap Sikap Religius dan Sikap Kedisiplinan Peserta Didik di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Elvika Putri Nur Wahyuni, NIM. 17201163082, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag., NIP. 196903311994031002. Kata kunci: Keteladanan Guru, Sikap Religius, Sikap Kedisiplinan Penelitian ini dilatar belakangi karena masih adanya perilaku peserta didik yang kurang religius dan kurang disiplin di lingkungan madrasah. Padahal sudah terdapat berbagai kebijakan di madrasah pun didukung dengan adanya tauladan yang baik yaitu guru. Melalui pengamatan yang dilakukan peneliti keteladanan guru di MTsN 4 Tulungagung sudah baik. Sehingga terdapat kesenjangan antara keteladanan guru dengan sikap religius dan sikap religius peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini dibatasi dengan hanya difokuskan untuk guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII dan peserta didik hanya kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh yang signifikan antara keteladanan guru terhadap sikap religius peserta didik di MTsN 4 Tulungagung? 2) Adakah pengaruh yang signifikan antara keteladanan guru terhadap sikap kedisiplinan peserta didik di MTsN 4 Tulungagung? 3) adakah pengaruh yang signifikan antara keteladanan guru terhadap sikap religius dan sikap kedisiplinan peserta didik di MTsN 4 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara keteladanan guru tehadap sikap religius peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh antara keteladanan guru tehadap sikap religius peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh antara keteladanan guru tehadap sikap religius dan sikap kedisiplinan peserta didik di MTsN 4 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan asosiatif kausal. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keteladanan guru (x) sedangkan variabel terikatnya ada dua yaitu sikap religius (y₁) dan sikap kedisiplinan (y₂). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung yang berjumlah 352 peserta didik. teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah sebanyak 173 peserta didik. Data primer dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah arsip-arsip atau data yang menunjang penelitian sertadokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian diantaranya pengujian instrumen penelitian, pengujian prasyarat serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh antara keteladanan guru terhadap sikap religius peserta didik di MTsN 4 Tulungagung, yang ditunjukkan dengan nilai = 2.937 > =1.973 dan taraf sig. = 0.004 < 0.05. 2) terdapat pengaruh antara keteladanan guru terhadap sikap kedisiplinan peserta didik di MTsN 4 Tulungagung, yang ditunjukkan dengan nilai = 3.422 > =1.973 dan taraf sig. = 0.001 < 0.05. 3) terdapat pengaruh antara keteladanan guru terhadap sikap religius dan sikap kedisiplinan peserta didik di MTsN 4 Tulungagung, yang ditunjukkan dengan nilai sig. Pillai’s Trace =0.028> 0.05, nilai sig. Wilks Lambda =0.029> 0.05, nilai sig. Hotteling’s Trace =0.031> 0.05, nilai sig. Roy’s Large Root= 0.023 > 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163082 ELVIKA PUTRI NUR WAHYUNI
Date Deposited: 02 Oct 2020 03:30
Last Modified: 02 Oct 2020 03:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16767

Actions (login required)

View Item View Item