PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGKA MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK DI RA AL FALAH NGUNUT KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

ETI ROCHMAWATI, 17206163077 (2020) PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGKA MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK DI RA AL FALAH NGUNUT KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK Eti Rochmawati, NIM. 17206163077 “Pembelajaran Pengenalan Angka MelaluiPermainan Kartu Angka pada Anak Kelompok A di RA Al Falah Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung“ Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Ibu Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci : Pembelajaran, Bermain, Kartu Angka, Kognitif , Angka Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1)Perencanaan pembelajaran pengenalan angka melalui permainan kartu angka pada anak kelompok A di RA Al Falah Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, 2) Pelaksanaan pembelajaran pengenalan angka melalui permainan angka pada anak kelompok A di RA Al Falah Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, 3) Hambatan pembelajaran pengenalan angka melalui permainan kartu angka pada anak kelompok A di RA Al Falah Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas, anak didik 20 anak, dan wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk keabsahan data di sini menggunakan teknik validasi internal dan triangulasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran pengenalan angka melalui permainan kartu angka pada anak dengan menyusun Prota, Promes, RPPM, RPPH dan menentukan alokasi waktu setiap kegiatan pembelajaran yang dirancang. Selanjutnya guru menyiapkan materi yang akan diajarkan, menyiapkan media pembelajaran yang akan di pakai, mengkondisikan siswa ketika pembiasaan, apel pagi,dan pada akhir pembelalajaran melakukan evaluasi hasil pembelajaran anak didik saat ini. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran guru melakukan pembentukan kelompok belajar berdasarkan kemampuan kognitif dari masing –masing anak didik, menciptakan hubungan yang harmonis antara guru dan anak didik agar suasana belajar menjadi menyenangkan. Dalam praktek adanya kebebasan anak dalam menggunakan media pembelajaran kartu angka. Dengan demikian anak didik bisa lebih aktif, kreatif, mudah dalam menghafal dan mengenal angka dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163077 ETI ROCHMAWATI
Date Deposited: 06 Oct 2020 01:22
Last Modified: 06 Oct 2020 01:22
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16757

Actions (login required)

View Item View Item