Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dan Video Terhadap Hasil Belajar kelas VIII mata pelajaran IPS di MTsN 10 Jombang

FERI HARIANTO, 17209163022 (2020) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dan Video Terhadap Hasil Belajar kelas VIII mata pelajaran IPS di MTsN 10 Jombang. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (590kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I1.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)

Abstract

Harianto, feri. 2020. Pengaruh media gambar dan video terhadap hasil belajar IPS bab negara-negara ASEAN di MTsN 10 jombang,. Skripsi, jurusan tadris ilmu pengetahuan sosial, institut agama islam negri tulungagung, pembimbing: hendra pratama, M.Pd. Kata kunci: media video, hasil belajar IPS Media pembelajaran gambar dan video merupakan cara alternatif dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media gambar dan video akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media pembelajaran gambar dan video terhadap hasil belajar IPS kelas VIII. Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media pembelajaran menggunakan gambar dan video dengan konvensional kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan media gambar dan video, sedangkan kelompok kontrol melaksanakan pembelajaran seperti biasa dengan konvensional. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media gambar dan video, dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D dan VIII F MTsN 10 JOMBANG yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar IPS dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh penggunaan media Gambar dan video terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen sebesar 74,22 lebih tinggi daripada rata-rata kelompok kontrol sebesar 68,28. Hasil analisis data menunjukan nilai sig(2tailed)=0,046 lebih besar dari 0,05, atau H0 ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan media gambar dan video pembelajaran dengan kelas kontrol yang konvensional. Hal ini dapat dimaknai bahwa pembelajaran yang menggunakan media gambar dan video memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media gambar dan video. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media gambar dan video terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di MTsN 10 JOMBANG.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: - 17209163022 FERI HARIANTO
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:16
Last Modified: 25 Mar 2021 06:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16750

Actions (login required)

View Item View Item