PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) KELAS V MI DARUL ULUM REJOSARI BLITAR

CHURUNIA, DIMAS (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) KELAS V MI DARUL ULUM REJOSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman awal 2.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V MI Darul Ulum Rejosari Wonodadi Blitar” ditulis oleh Dimas Churunia yang dibimbing oleh Bapak Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci: Metode Pembelajaran, metode STAD, hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran PKN kelas V MI Darul Ulum Rejosari Wonodadi Blitar yang masih konvensioanal dan kurang memberi kesempatan peserta didik untuk aktif. Pembelajaran berkelompok juga masih agak asing untuk mereka. Untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mereka, memerlukan metode pembelajaran yang cocok. Salah satu metode pembelajaran yang cocok diterapkan yaitu STAD. STAD merupakan pembelajaran kooperatif yang menekankan pada aktivitas dan interaksi untuk memotivasi peserta didik saling membantu menguasai materi pembelajaran agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) pokok bahasan Keputusan Bersama kelas V MI Darul Ulum Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) pokok bahasan Keputusan Bersama kelas V dengan penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD)? Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) pokok bahasan Keputusan Bersama kelas V MI Darul Ulum Wonodadi Blitar. (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) pokok bahasan Keputusan Bersama kelas V dengan penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik, sedangkan observasi digunakan untuk mengamati aktivitas peneliti dan peserta didik selama proses pembelajaran. Selain itu juga menggunakan wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdapat beberapa tahapan yaitu, kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal yaitu meliputi do’a, salam, absensi, dan menyampaiakan tujuan pembelajaran serta apersepsi. Pada kegiatan inti yaitu penerapan metode, meliputi pembagian kelompok dan juga kegiatan kelompok. Pada kegiatan akhir yaitu pembagian soal post tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajara peserta didik mengalami peningkatan. Pada pre tes 39,78 dengan ketuntasan 5,26%, meningkat pada post tes I menjadi 72,5 dengan ketuntasan 55,55%, dan kemudian pada siklus II meningkat menjadi 82,1 dengan ketuntasan 84,21%. Untuk aktivitas pembelajaran juga meningkat. Aktivitas peneliti pada siklus I 73,85% meningkat menjadi 90,77% pada siklus II. Sedangkan untuk peserta didik pada siklus I 70% meningkat menjadi 87,5%. Hal tersebut menunjukan adanya peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya metode pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD)

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: DIMAS CHURUNIA
Date Deposited: 07 Jul 2015 03:02
Last Modified: 07 Jul 2015 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item View Item