PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBASIS ALAT PERAGA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGORO JOMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020

NADIA SAFAROTUL AMALIA, 17204163192 (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBASIS ALAT PERAGA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGORO JOMBANG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbasis Alat Peraga Di kelas VIII SMP Negeri 2 Ngoro Jombang Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Nadia Safarotul Amalia, NIM. 17204163192. Jurusan Tadris Matematika, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan TSTS Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis alat peraga dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TSTS) berbasis alat peraga di kelas VIII SMP Negeri 2 Ngoro Jombang Tahun Ajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui model manakah yang lebih efektif digunakan pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 2 Ngoro Jombang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu yang dilakukan di SMP Negeri 2 Ngoro Jombang di Kelas VIII. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngoro Jombang. Sedangkan pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan mengambil semua siswa di dua kelas berbeda yang dipilih secara random (simple random sampling). Kelas yang pertama yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen I (TPS), sedangkan kelas yang kedua yaitu kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen II (TSTS) dengan masing-masing jumlah sampel 36 siswa dalam tiap kelas, Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test yang telah valid dari perhitungan validitas dengan reliabilitas soal yaitu 0,815 dengan jumlah soal yang valid 20 soal dari 30 soal yang diujicobakan. Kesimpulan penelitian ini berdasarkan rata-rata nilai post test kedua kelas, terlihat bahwa rata-rata nilai post test kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai post test kelas eksperimen II. Untuk membuktikan model pembelajaran kooperatif yang lebih efektif digunakan uji-t. Hasil pengujian diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,678 > 1,667 pada taraf α = 0,05 yang berarti : 1) Ada perbedaan signifikan terhadap hasil pembelajaran yang dilakukan peneliti, 2) H0 ditolak dan Ha diterima maka hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TSTS) di kelas VIII SMP Negeri 2 Ngoro Jombang Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi 17204163192 Nadia Safarotul Amalia
Date Deposited: 19 Oct 2020 02:52
Last Modified: 19 Oct 2020 03:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16748

Actions (login required)

View Item View Item