UPAYA GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR

SITI AZIZAH MUHAROMAH BINTI ALI, 17205163299 (2020) UPAYA GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (926kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (503kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (129kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar”, ditulis oleh Siti Azizah Muharomah B.A, NIM 17205163299, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidian Guru Madrasah Ibtidaiyyah, IAIN Tulungagung Dosen pembimbing: Dr. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Kesulitan Belajar Siswa, Anak Berkebutuhan Khusus Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dalam suatu proses belajar yang ditandai adanya hambatan-hambatan tertentu untuk menggapai hasil belajar. Pada umumnya kesulitan belajar merupakan suatu kondisi tertentu yang ditandai adanya hambatan terutama kegiatan belajar untuk mencapai tujuan. MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar adalah salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang telah memberikan perhatian lebih terhadap anak berkebutuhan khusus selama beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Upaya Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana upaya guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca (Dysleksia Learning) Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Bagaimana upaya guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar menulis (Dysgraphia Learning) Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (3) Bagaimana upaya guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar menghitung (Dyscalculia Learning) Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif, jenis penelitiannya deskriptif. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi penelitian, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesulitan Belajar Membaca (Dysleksia Learning) Siswa ABK dapat diatasi dengan cara guru melakukan monitoring, memfokuskan pembelajaran dan memberi perhatian, memilih metode yang sesuai, mensisihkan waktu setiap hari, dan melakukan pembiasaan membaca materi sebelum KMB. (2) Kesulitan Belajar Menulis (Dysgraphia Learning) Siswa ABK dapat diatasi dengan cara guru menggunakan metode khusus, memberikan pembelajaran pengenalan tentang huruf dan angka, serta menyalin tulisan ada. (3) Kesulitan Belajar Berhitung (Dyscalculia Learning) Siswa ABK dapat diatasi dengan cara guru melakukan klasifikasi kesulitan belajar berhitung, menggunakan metode yang spesifik, dan memberikan pengenalan angka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163299 SITI AZIZAH MUHAROMAH BINTI ALI
Date Deposited: 30 Sep 2020 06:49
Last Modified: 30 Sep 2020 06:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16747

Actions (login required)

View Item View Item