KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT SISWA KELAS VII SMPN 1 KAMPAKTRENGGALEK

IIN NUR CAHYATI, 17204163196 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT SISWA KELAS VII SMPN 1 KAMPAKTRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Matematis Materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Siswa Kelas VII-B SMPN 1 Kampak Trenggalek” ini ditulis oleh Iin Nur Cahyati , NIM. 17204163196, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Tulungagung yang dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Kognitif Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir untuk memecahkan masalah matematika. Salah satu berpikir yang penting dalam pembelajaran matematika adalah berpikir reflektif. Untuk melibatkan berpikir reflektif siswa, seorang pendidik harus membuat serangkaian aktivitas pemecahan masalah matematika yang ditujukan kepada siswanya. Dalam menyelesaikan kegiatan pemecahan masalah setiap siswa berbeda-beda, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah gaya kognitif seseorang. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa kelas VII SMPN I Kampak yang mempunyai gaya kognitif Field Dependent dalam memecahkan masalah matematika materi persamaan linier satu variabel (PLSV). (2) Mendiskripsikan kemamapuan berpikir reflektif siswa kelas VII SMPN I Kampak yang mempunyai gaya kognitif Field Independent dalam memecahkan masalah matematika materi persamaan linier satu variabel (PLSV). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . Analisis data dilakukan dengan cara: (1) menyajikan data, (2) membandingkan data hasil tes dengan wawancara yang dilakukan terhadap siswa, (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tingkat kemampuan berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif Field Dependent kurang reflektif. Komponen yang dipenuhi siswa adalah comparing saja. (2) Tingkat kemampuan berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif Field Independet sangat reflektif. Komponen yang dipenuhi siswa adalah reacting, comparing, dan conteplanting.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163196 IIN NUR CAHYATI
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:28
Last Modified: 28 Sep 2020 01:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16746

Actions (login required)

View Item View Item