PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF QUICK ON THE DRAW TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

YESTI NUROHMAH, 17205163151 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF QUICK ON THE DRAW TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

i ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Quick on the Draw terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar SKI Peserta Didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Yesti Nurohmah, NIM. 17205163151, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fua’di, M. Ag. Kata Kunci: Quick on the Draw, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangai oleh kurangnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI. Salah satu faktor penyebabnya adalah proses pembelajaran yang dirasa kurang menarik bagi peserta didik karena guru hanya menerapkan model pembelajaran konvensional dan hanya memberi tugas. Peserta didik yang cenderung bosan karena hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru akan berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajarnya. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik agar hasil belajarnya meningkat, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif quick on the draw. Quick on The Draw adalah model pembelajaran yang dilakukan secara kerja tim dan kecepatan. Tujuannya untuk mendorong peserta didik belajar pada sumber serta memberi pengalaman tentang macam-macam keterampilan membaca, belajar mandiri, membaca pertanyaan dengan hati-hati, dan menjawab pertanyaan dengan tepat. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif quick on the draw terhadap keaktifan belajar SKI peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, 2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif quick on the draw terhadap hasil belajar SKI peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, 3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif quick on the draw terhadap keaktifan dan hasil belajar SKI peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif quick on the draw terhadap keaktifan belajar SKI peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif quick on the draw terhadap hasil belajar SKI peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung, 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif quick on the draw terhadap keaktifan dan hasil belajar SKI peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV-A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 peserta didik dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 peserta didik. Teknikpengumpulan data berupa angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), (2) uji hipotesis (uji t-test dan uji manova). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan pengujian t-test untuk keaktifan belajar SKI diperoleh thitung (3,662) > ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan jika dilihat dari Sig. (2-tailed) diperoleh nilai Sig. (2- tailed) adalah 0,001 . Berdasarkan pengambilan keputusan 0,001 < 0,005, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif quick on the draw terhadap keaktifan belajar SKI peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 2) Berdasarkan pengujian t-test untuk hasil belajar SKI diperoleh thitung (3,388) > ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan jika dilihat dari Sig. (2-tailed) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001 . Berdasarkan pengambilan keputusan 0,001 < 0,005, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif quick on the draw terhadap hasil belajar SKI peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 3) Berdasarkan hasil uji MANOVA untuk keaktifan dan hasil belajar SKI diperoleh nilai ke empat p-value 0,002 sehingga 0,002 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh pemberian model pembelajaran quick on the draw terhadap keaktifan dan hasil belajar SKI peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163151 YESTI NUROHMAH
Date Deposited: 09 Oct 2020 03:31
Last Modified: 09 Oct 2020 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16743

Actions (login required)

View Item View Item