PERSEPSI KONSUMEN TENTANG KEMIRIPAN MEREK PRODUK PANGAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMENUHAN HAK HAK KONSUMEN MENURUT PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Di Toko Mugi Jaya Bungur Tulungagung)

WINARSIH, 17101163022 (2020) PERSEPSI KONSUMEN TENTANG KEMIRIPAN MEREK PRODUK PANGAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMENUHAN HAK HAK KONSUMEN MENURUT PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Di Toko Mugi Jaya Bungur Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (638kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Winarsih, 17101163022, Persepsi Konsumen Tentang Kemiripan Merek Produk Pangan serta Implikasinya terhadap Pemenuhan Hak-Hak Konsumen Menurut Perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus di Toko Mugi Jaya Bungur Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Moh. Ali Abdul Shomad, V.E.A., S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: Persepsi Konsumen, Kemiripan Merek, Hak-Hak Konsumen Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pesatnya pertumbuhan perekonomian menghasilkan berbagai jenis produk dengan berbagai merek yang beredar di tengah masyarakat perkotaan dan pedesaan. Hal ini menimbulkan kebebasan dalam hal memilih berbagai jenis merek produk tertentu dan kwalitasnya sesuai dengan kemampuan serta keinginan konsumen. Kondisi ini dapat dilihat dipasaran banyak produk pangan yang mengandung unsur kemiripan merek. Dilihat dari segi corak, warna, huruf, model kemasan, dan pelafalan merek memang hampir sama, namun kedua merek tersebut berasal dari perusahaan yang berbeda. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi konsumen terhadap kemiripan merek produk pangan di Toko Mugi Jaya Bungur Tulungagung ? 2) Bagaimana implikasi terhadap pemenuhan hak-hak konsumen menurut Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengtahui persepsi konsumen terhadap kemiripan merek produk pangan di Toko Mugi Jaya Bungur, 2) Mengetahui implikasi terhadap pemenuhan hak-hak konsumen menurut perspektif Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Perbedaan persepsi dalam benak konsumen terkait kemiripan merek sangat tergantung kepada pilihan konsumen itu sendiri. Hal tersebut terjadi dikarenakan jenis-jenis konsumen di Toko Mugi Jaya yang berbeda. Persepsi timbul karena adanya stimulus atau rangsangan dari luar yang akan mempengaruhi konsumen melalui panca inderanya. 2) Implikasi pemenuhan hak-hak konsumen tidak semua dapat dilakukan, karena jenis-jenis konsumen dan tujuan yang berbeda dalam menentukan pilihan. Hak-hak dapat tercederai bila konsumen merasa dirugikan dengan adanya kemiripan merek. Dalam pasal 4 UUPK peneliti merumuskan lima hak yang diasumsikan secara mendasar untuk dituntut pemenuhannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163022 WINARSIH
Date Deposited: 05 Oct 2020 02:46
Last Modified: 05 Oct 2020 02:46
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16727

Actions (login required)

View Item View Item