PENANAMAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP SISWA DI MIN 3 TULUNGAGUNG

ARYNY JUWITA NISSA’, 17205163351 (2020) PENANAMAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP SISWA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (824kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (288kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Kompetensi Kewarganegaraan melalaui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Siswa di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Aryny Juwita Nissa’, NIM 17205163351 , dibimbing oleh Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Kompetensi Kewaraganegaraan dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terfokus pada satu ranah yaitu kognitif dan identik dengan hafalan. Dalam hal ini peneliti menghubungkan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik MIN 3 Tulungagung. Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penanaman Civic Knowledge melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap siswa di MIN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana penanaman Civic Disposition melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap siswa di MIN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana penanaman Civic Skill melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap siswa di MIN 3 Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara semi terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penanaman Civic Knowledge melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Siswa di MIN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 yaitu dengan menggunakan variasi pembelajaran yang menarik dan menggunakan media pembelajaran audio visual. (2) Penanaman Civic Disposition melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Siswa di MIN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 yaitu dengan pemberian nasihat dan pesan moral kepada siswa serta guru menjadi teladan. (3) Penanaman Civic Skills melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Siswa di MIN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020 dengan pemberian contoh atau teladan dari guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163351 ARYNY JUWITA NISSA’
Date Deposited: 22 Sep 2020 06:15
Last Modified: 22 Sep 2020 06:15
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16686

Actions (login required)

View Item View Item