PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI ANIMALIA DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

SUCI WULANDARI, 17208163064 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI ANIMALIA DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (857kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK Skrispsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X pada Materi Animalia di SMAN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Suci Wulandari, NIM. 17208163064, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing, Kemampuan Literasi Sains Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan literasi sains siswa di tingkat sekolah menengah atas. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang efektif, dapat terlihat dari siswa yang kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa sulit untuk memahami secara mendalam materi pelajaran yang diterima. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan minat, semangat dan keaktifan siswa sehingga berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X pada materi Animalia di SMAN 1 Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment dan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Gondang dengan mengambil subyek 2 kelas yaitu kelas X MIPA 5 (model pembelajaran inkuiri terbimbing) dan kelas X MIPA 4 (konvensional berbasis ceramah). Teknik pengumpulan data berupa hasil pre-test dan post-test kemampuan literasi sains. Analisis data yang digunakan adalah statistic parametrik, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil post-test kemampuan literasi sains yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yangmenggunakan metode konvensional berbasis ceramah dalam penyampaian materi. Hasil Uji-T menunjukkan nilai rata-rata post-test kemampuan literasi sains siswa kelas eksperimen > kelas kontrol = 87,86 > 67,92. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X pada materi animalia di SMAN 1 Gondang Tulungagung ditunjukkan oleh nilai t hitung > t tabel = 9,562 > 1,995 atau df = 69 dan Sig. (2-tailed) atau p-value = 0,000/2 = 0 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208163064 SUCI WULANDARI
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:57
Last Modified: 28 Sep 2020 01:57
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16683

Actions (login required)

View Item View Item