PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ASTAR BEDUGNGADILUWIH KEDIRI

., Arifah (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ASTAR BEDUGNGADILUWIH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ASTAR BEDUGNGADILUWIH KEDIRI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits Siswa Kelas V MI Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Arifah, NIM. 3217113011, pembimbing Luluk „Atirotu Zahroh, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Model Talking Stick, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Al-Qur‟an Hadits di sekolah, yang hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Al-Qur‟an Hadits, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada pembelajaran Al-Qur‟an Hadits pokok bahasan memahami surat al-Qadr pada siswa kelas V MI Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits pokok bahasan memahami surat al-Qadr melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick siswa kelas V MI Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2014/2015? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada pembelajaran Al-Qur‟an Hadits pokok bahasan memahami surat al-Qadr siswa kelas V MI Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2014/2015. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits pokok bahasan memahami surat al-Qadr melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick siswa kelas V MI Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick menggunakan struktur enam tahap dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 80,96 (57,14%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 87,57 (96,43%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 6,61. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan xv hasil belajar Al-Qur‟an Hadits materi memahami surat al-Qadr siswa kelas V MI Miftahul Astar Bedug Ngadiluwih Kediri tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Mochamad Misbakhudin
Date Deposited: 30 Jul 2015 03:47
Last Modified: 30 Jul 2015 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item View Item