PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MI NURUL IMAN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

PERMATASARI, RENITA EVA NURDIANA (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MI NURUL IMAN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1- 24.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas V MI Nurul Iman Karangtalun Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Renita Eva Nurdiana Permatasari, NIM. 3217113085, pembimbing H. Zaini,S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Aqidah Akhlak, MI Nurul Iman. Latar belakang sekripsi ini adalah lemahnya pengetahuan para siswa dalam mempelajari Aqidah Akhlak dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak ada beberapa model pembelajar yang bisa digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), yaitu model peelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil yang beranggotakan 4-6 orang dengan sistem pengelompokan yang heterogen dimana dalam tahap pelaksanaannya meliputi tahap penomoran, pengajuan pertanyaan, berfikir bersama, dan menjawab pertanyaaan. Rumusan masalah skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan membiasakan akhlak terpuji siswa kelas V MI Nurul Iman Karangtalun Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimanakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan membiasakan akhlak terpuji siswa kelas V MI Nurul Iman Karangtalun Kalidawir Tulungagung? Manfaat Penelitian Sekripsi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang pendidikan, khususnya tentang penerapan model pembelajaran koopertif tipe Numbered Head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak. Bagi Kepala MI Nurul Iman Karangtalun Kalidawir Tulungagung, sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam proses belajar mengajar, bagi para guru MI Nurul Iman Karangtalun Kalidawir Tulungagung sebagai bahan pertimbangan untuk upaya meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di dalam kelas. Bagi siswa MI Nurul Iman Karangtalun Kalidawir Tulungagung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan minat belajar siswa dalam pmbelajaran Aqidah Akhlak. Bagi peneliti selanjutnya/pembaca 1. Dapat menambah pengetahuan yang dimiliki peneliti selanjutnya/pembaca dalam bidang ilmu pendidikan, 2. Menyumbang pemikiran dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, 3. Menambah wawasan tentang berbagai metode pembelajaran yang kreatif dan tepat untuk anak usia sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas peserta didik. Bagi perpustakaan IAIN Tulungagung dengan diadakan penelitian ini, maka hasil yang diperoleh diharapkan dapat berguna untuk dijadikan bahan koleksi dan referensi pendidikan sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bacaan bagi mahasiswa lainnya. Bagi Penulis penelitian ini dapat digunakan untuk menambah wawasan tentang meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran di madrasah dan menjadikan bekal bagi penulis untuk menjadi guru yang profesional. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Iman Karangtalun Kalidawir Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian sekripsi ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 76,05 (73,68%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 95,26 (100%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 19,21. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak pokok bahasan membiasakan akhlak terpuji siswa kelas V MI Nurul Iman Karangtalun Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: RENITA EVA NURDIANA PERMATASARI
Date Deposited: 03 Jul 2015 02:06
Last Modified: 03 Jul 2015 02:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item