PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMAN 1 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MEIDY YULIANA, 17208163115 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMAN 1 GONDANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (706kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Socio Scientific Issues terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMAN 1 Gondang” ini ditulis oleh Meidy Yuliana, NIM. 17208163115, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL) berbasis Socio Scientific Issues, Berpikir Kritis, Komunikasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran Biologi masih secara teotritis dan kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, terdapat beberapa siswa yang masih sulit dalam bekerja secara berkelompok, berkomunikasi, memecahkan masalah ketika diajukan contoh suatu permasalahan nyata, serta belum bisa mengambil keputusan sebagai solusi yang tepat dari suatu permasalahan. Oleh karena itu, perlunya suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa. Hal ini penggunaan model Problem Basic Learning berbasis socio-scientific issues dapat melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa sehingga siswa dapat mengambil keputusan untuk menjelaskan kebenaran sebuah informasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Problem Basic Learning berbasis socio-scientific issues terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa kelas X SMAN 1 Gondang 2) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Problem Basic Learning berbasis socio-scientific issues terhadap kemampuan komunikasi siswa kela X SMAN 1 Gondang 3) untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Problem Basic Learning berbasis socio-scientific issues terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi siswa kelas X SMAN 1 Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen dan rancangan penelitian non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Gondang dengan mengambil subyek 2 kelas yaitu kelas X MIPA 4 (ceramah) dan kelas X MIPA 5 (penggunaan Problem Based Learning (PBL) berbasis Socio Scientific Issues). Teknik pengumpulan data berupa hasil pre-test dan post-test dan hasil angket. Analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji MANOVA Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh penggunaan model Problem Based leraning (PBL) berbasis sosio scientific issues terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Terbukti dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 76,49 dan kelas kontrol sebesar 62,09. 2) Ada pengaruh penggunaan model Problem Based leraning (PBL) berbasis sosio scientific issues terhadap kemampuan komunikasi siswa. Terbuktidengan nilai sig 0,000 < 0,05 dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 22,66 dan kelas kontrol sebesar 21,49. 3) Ada pengaruh penggunaan model problem based learning berbasis socio scientific issues terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa, hal ini terbukti karena memiliki tingkat signifikasi 0,00 dimana Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208163115 MEIDY YULIANA
Date Deposited: 28 Sep 2020 01:38
Last Modified: 28 Sep 2020 01:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item View Item