PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

WULANSARI, DIAH RAHAYU (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
bagian depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Diah Rahayu Wulansari: Penerapan Model Cooperative Tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kolomayan Wonodadi Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A . Kata kunci: Model Cooperative Tipe The Power of Two, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kolomayan Wonodadi Blitar dalam pembelajaran IPA yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas, sehingga siswa kurang berfikir kreatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe The Power Of Two dalam setting pembelajaran kelompok, untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana Penerapan Model Cooperative Tipe The Power Of Two Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Pada Siswa Kelas V MIN Kolomayan Kec. Wonodadi Kab. Blitar ? , 2. Apakah Peningkatan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Kelas V MIN Kolomayan Kec. Wonodadi Kab. Blitar dengan Penggunaan Model Cooperative Tipe The Power Of Two ? Adapun tujuan dari penelitian tersebut, yaitu: 1. Untuk mendeskripsikan Penerapan Model Cooperative Tipe The Power Of Two Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Kelas V MIN Kolomayan Kec. Wonodadi Kab. Blitar., 2. Untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Kelas V MIN Kolomayan Kec. Wonodadi Kab. Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanan (plan), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar IPA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kolomayan Wonodadi Blitar. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Cooperative Tipe The Power of Two, akhirnya dapat disimpulkan bahwa penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kolomayan, Wonodadi, Blitar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awal Pre Test hingga siklus II yaitu, hasil belajar siswa pada saat Pre Test (52,17%), siklus I (66,47%), siklus II (84,05%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Cooperative Tipe The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kolomayan, Wonodadi, Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: DIAH DIAH RAHAYU WULANSARI
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:00
Last Modified: 02 Jul 2015 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1664

Actions (login required)

View Item View Item