PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KOMIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI MTs UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

ISMA'UL KHASANAH, 17204163301 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KOMIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI MTs UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (215kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Komik pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di MTs Negeri 6 Tulungagung untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik” ditulis oleh Isma’ul Khasanah, NIM. 17204163301, pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Komik, Aritmatika Sosial, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilakukan karena banyaknya buku-buku matematika yang tampilannya hanya berisi materi-materi saja tanpa adanya gambar-gambar berwarna yang dapat menarik perhatian pembaca. Sehingga, peneliti menyusun LKPD matematika berbasis komik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan subjek siswa MTs Negeri 6 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis komik pada materi Aritmatika Sosial kelas VII di MTsN 6 Tulungagung? (2) Bagaimana kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis komik pada materi Aritmatika Sosial kelas VII di MTsN 6 Tulungagung? (3) Apakah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis komik padamateri Aritmatika Sosial kelas VII efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik di MTsN 6 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk dari LKPD berbasis komik, kelayakan, serta mengetahui minat dan hasil belajar peserta didik dalam menggunakan LKPD berbasis komik ini. Skripsi ini bermanfaat untuk pembaca, khususnya peserta didik dan guru mata pelajaran matematika, sebagai bahan ajar dengan inovasi yang baru. Bagi pembaca atau peneliti yang lain sebagai inovasi baru dalam mengembangkan materi pembelajaran selain matematika, serta lebih mengembangkan LKPD ini sehingga lebih mirip dengan tampilan komik secara keseluruhan. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, angket, dan tes. Observasi digunakan untuk memperoleh informasi sebelum menggunakan LKPD tersebut. Angket digunakan untuk mengetahui minat belajar peserta didik menggunakan LKPD berbasis komik. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar setelah menggunakan LKPD berbasis komik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk LKPD sudah menerupai komik dalam bentuk buku pembelajaran (2) Sedangkan hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD berbasis komik ini efektif digunakan untuk pembelajaran (3) Hasil penyebaran angket di lapangan menunjukkan bahwa minat peserta didik tergolong sangat baik. Hasil hitung nilai tes dari peserta didik kelas kontrol dan eksperimen, di dapatkan taraf signifikansi lebih besar dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd. 17204163301 ISMA'UL KHASANAH
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:06
Last Modified: 17 Sep 2020 02:06
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16600

Actions (login required)

View Item View Item