PENGARUH BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL, NON PERFORMING FINANCING, FINANCING TO DEPOSIT RATIO, DAN NET OPERATING MARGIN TERHADAP PROFITABILITAS (RETURN ON ASSET) PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk.

MIA CHRISNA WATI, 17401163237 (2020) PENGARUH BIAYA OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL, NON PERFORMING FINANCING, FINANCING TO DEPOSIT RATIO, DAN NET OPERATING MARGIN TERHADAP PROFITABILITAS (RETURN ON ASSET) PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional, Non Performing Financing, Financing To Deposit Ratio, dan Net Operating Margin terhadap Profitabilitas (Return On Asset) pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk.” ini ditulis oleh Mia Chrisna Wati, NIM. 17401163237 pembimbing Dr. Ali Mauludi, A.C., M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi PT. Bank Muamalat Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami penurunan profitabilitas dari sisi Return On Asset dan diikuti dengan kenaikan Non Performing Financing, Biaya Operasional Pendapatan Operasional, Net Operating Margin, dan melambatnya pertumbuhan pembiayaan. Perbankan dituntut untuk dapat meningkatkan profitabilitasnya karena profitabilitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja manajemen bank serta produktivitasnya dalam mengelola aset-aset perbankan secara keseluruhan. Hal ini dapat dilihat dari faktor yang menyebabkan mempengaruhi profitabilitas. Peneliti menghubungkan faktor internal yang mempengaruhi profitabilitas, yaitu BOPO, NPF, FDR, dan NOM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah BOPO berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk? (2) Apakah NPF berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk? (3) Apakah FDR berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk? (4)Apakah NOM berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk? (5) Apakah BOPO, NPF, FDR, dan NOM berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap terhadap profitabilitas (ROA) PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Pengujian menggunakan SPSS versi 21 for windows. Data yang digunakan dalam adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan Bank Muamalat Indonesia periode 2011-2019. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) variabel BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas (ROA) PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk, (2) variabel NPF berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas (ROA) PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk, (3) variabel FDR berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas (ROA) PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk, (4) variabel NOM berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas (ROA) PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk (5) variabel BOPO, NPF, FDR, dan NOM berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap profitabilitas (ROA) PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kata Kunci : BOPO, NPF, FDR, NOM, Profitabilitas (ROA)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163237 Mia Chrisna Wati
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:19
Last Modified: 17 Sep 2020 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16598

Actions (login required)

View Item View Item