PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA 01 PANCIR SIDOREJO PONGGOK BLITAR

RISMA NURNGAINI, 17206163015 (2020) PENANAMAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA 01 PANCIR SIDOREJO PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penanaman Akhlakul Karimah Anak Usia Dini di RA Perwanida 01 Pancir Sidorejo Ponggok Blitar” ini ditulis oleh Risma Nurngaini NIM. 17206163015, pembimbing Ibu Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : Akhlakul Karimah, Anak Usia Dini Terpuruknya bangsa dan negara Indonesia dewasa ini, tidak hanya disebabkan oleh krisis ekonomi, akan tetapi juga disebabkan oleh krisis akhlak, sehingga lahirlah perbuatan-perbuatan yang merugikan bangsa. Apabila suatu bangsa (umat) itu telah rusak, maka hal ini juga akan mempengaruhi akhlak generasi-generasi mendatang. Oleh karena itulah, penanaman akhlakul karimah sangat penting dibiasakan sejak dini untuk menangani permasalahan dekadensi moral di Indonesia. Masa usia dini adalah masa yang paling tepat bagi pembentukan karakter dan mental anak karena anak akan tumbuh dan berkembang berdasarkan pola pembiasaan yang dilakukan dimasa kecilnya. Dalam hal ini, seluruh komponen pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, khususnya lembaga pendidikan pada usia dini. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja bentuk akhlakul karimah yang ditanamkan di RA Perwanida 01 Pancir Sidorejo Ponggok Blitar? (2) Bagaimana proses penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di RA Perwanida 01 Pancir Sidorejo Ponggok? (3) Apa saja faktor yang mempengaruhi penanaman akhlakul karimah di RA Perwanida 01 Pancir Sidorejo Ponggok? (4) Bagaimana capaian perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM) di RA Perwanida 01 Pancir Sidorejo Ponggok? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk akhlakul karimah yang ditanamkan di RA Perwanida 01 Pancir (2) untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di RA Perwanida 01 Pancir (3) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi penanaman akhlakul karimah di RA Perwanida 01 Pancir (4) untuk mendeskripsikan capaian perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM) anak di RA Perwanida 01 Pancir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari kepala sekolah, guru-guru kelas, wali murid, dan dokumen sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/pemeriksaan tentang kebenaran laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk akhlakul karimah yang ditanamkan di RA Perwanida 01 Pancir mencakup akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia dan akhlak kepada lingkungan dan alam. (2) proses penanaman akhlakul karimah di RA Perwanida 01 Pancir memiliki 4 tahapan sebagai berikut; (a) perencanaan, meliputi pembuatan perangkat pembelajaran. (b) pelaksanaan, penanaman akhlakul karimah di RA Perwanida 01Pancir melalui 3 proses yaitu pemahaman/pemberian pengetahuan, suritauladan, pembiasaan. (c) evalusi yang diterapkan pada RA Perwanida 01 Pancir adalah penilaian harian dan juga catatan harian guru di dalam kelas. (d) pengawasan di RA Perwanida 01 Pancir dilakukan melalui teknik supervisi pendidikan (3) faktor faktor yang mempengaruhi penanaman akhlakul karimah di RA Perwanida 01 Pancir ada 2 yaitu faktor internal yang meliputi faktor bawaan anak, seperti watak anak, tingkah laku, usia dan tingkat kematangan anak, pengalaman anak; dan faktor eksternal yang meliputi latar belakang anak, seperti pendidikan orang tua, pola asuh dalam keluarga, lingkungan pergaulan anak, lingkungan masyarakat anak, pengaruh teman sebaya, pengaruh perkembangan teknologi, media pembelajaran dan keadaan ruang kelas yang kurang menarik (4) capaian perkembangan anak di RA Perwanida 01 Pancir sudah berkembang dengan baik hal ini dapat dilihat pada skala perkembangan yang ada pada STPPA yang digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163015 RISMA NURNGAINI
Date Deposited: 24 Sep 2020 01:41
Last Modified: 24 Sep 2020 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16578

Actions (login required)

View Item View Item