STRATEGI EKSPOSITORI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MANBA’UL ‘ULUM REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ENDRIK RIYAN HERTANTO, 17205163147 (2020) STRATEGI EKSPOSITORI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MANBA’UL ‘ULUM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (194kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Strategi Ekspositori Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Manba’ul ‘Ulum Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Endrik Riyan Hertanto NIM 17205163147, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S.Ag.,M.HI. Kata Kunci: Strategi, Ekspositori, Menyimak Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan yang semakin maju. Siswa di tuntut agar bisa mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, dalam hal ini kemampuan kebahasaan yaitu kemampuannya dalam hal menyimak. Selain itu guru juga harus memiliki sebuah perencanaan pembelajaran yang matang agar tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan baik. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi ketertarikan peneliti untuk mengetahui bagaimana strategi ekspositori guru dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana perencanaan pembelajaran strategi ekspositori yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia, 2) bagaimana langkah-langkah strategi ekspositori guru dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia, 3) bagaimana dampak strategi ekspositori guru dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, untuk mengkaji strategi ekspositori yang dilakukan guru dalam hal meningkatkan kemampuan menyimak siswa di MI manba’ul ‘Ulum Rejotangan Tulungagung. Dalam hal mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui dari keabsahan data yang diperoleh maka peneliti menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Salah satu upaya yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran adalah dengan adanya sebuah strategi pembelajaran yang sesuai. Dalam pemilihan strategi ekspositori dalam pembelajaran bahasa indonesia pada kelas rendah yaitu kelas I. Hasil dari penelitian ini, bahwa yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di MI Manba’ul ‘Ulum Rejotangan yaitu (1) adanya perencanaan pembelajaran strategi ekspositori berupa (silabus, rpp, materi pembelajaran yang menarik) dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa, (2) dilakukannya langkah langkah strategi ekspositori dalam menyampaikan materi guna meningkatkan kemampuan menyimak siswa, (3) adanya hasil yang terjadi dalam penggunaan strategi ekspositori yang digunakan oleh guru di MI Manba’ul ‘Ulum Rejotangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163147 ENDRIK RIYAN HERTANTO
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:07
Last Modified: 23 Sep 2020 02:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16575

Actions (login required)

View Item View Item