PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAPMOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

ENDAH MUDAWAMAH, 17209163003 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAPMOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (806kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (642kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)

Abstract

ABSTRAK. Skripsi . dengan. judul . “Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020” ini . ditulis . oleh. Endah Mudawamah, NIM. . 17209163003, pembimbing . Drs .. H .. Jani ., MM .., M ..Pd. . Kata . Kunci . .: Inkuiri ., Motivasi . dan. Hasil . Belajar. IPS . Penelitian. ini . dilatar. belakangi . oleh. kondisi . belajar. IPS . di . sekolah. yang. motivasi . belajar kurang . dan. hasil . belajar. yang . kurang maksimal. Dalam . hal . ini . peneliti . berusaha. mengatasi . permasalahan. tersebut. dengan strategi pembelajaran . inkuiri. . Strategi pembelajaran . inkuiri . dalam. proses . belajar. mengajar. diharapkan . dapat. membantu. memotivasi . serta. dapat. membantu. pemahaman. siswa. dalam. belajar. IPS, . sehingga . motivasi . dan. hasil . belajar. siswa. meningkat. . Rumusan. masalah. dalam. penulisan. skripsi . ini . adalah. 1 .) Adakah pengaruh . penggunaan strategi pembelajaran inkuiri . terhadap . motivasi . belajar. siswa. kelas . VIII . pada. mata. pelajaran . IPS . di . SMP . Negeri . 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun. Ajaran. 2019/2020. 2) Adakah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terhadap . hasil . belajar. siswa. kelas . VIII . pada. mata. pelajaran . IPS . di . SMP . Negeri . 3 . Kedungwaru Tulungagung Tahun. Ajaran. 2019/2020. 3) Adakah penggunaan pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas . VIII . pada. mata. pelajaran. IPS . di . SMP . Negeri . 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun. Ajaran. 2019/2020. Tujuan. dalam penulisan skripsi penelitian . ini adalah 1) Untuk. mengetahui . pengaruh. penggunaan. strategi pembelajaran inkuiri terhadap . motivasi . belajar. siswa. kelas . VIII . pada. mata. pelajaran. IPS . di . SMP . Negeri . 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun . Ajaran. 2019/2020 .. 2) . Untuk. mengetahui . pengaruh. penggunaan. strategi pembelajaran . inkuiri terhadap . hasil . belajar. siswa. kelas . VIII . pada. mata. pelajaran. IPS . di . SMP . Negeri . 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun . Ajaran. 2019/2020. 3) . Untuk. mengetahui . penggunaan. pengaruh. strategi pembelajaran. inkuiri . terhadap . motivasi . belajar dan . hasil . belajar. siswa. kelas . VIII . pada. mata. pelajaran. IPS . di . SMP . Negeri . 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun . Ajaran. 2019/2020. Penelitian. ini . menggunakan. pendekatan . penelitian. kuantitatif. dengan. jenis . penelitian. eksperimen. semu. . Populasinya. adalah. siswa. kelas . VIII . SMPN . 3 Kedungwaru Tulungagung . yang. berjumlah. 269 siswa. . Sampel . penelitian. yaitu. kelas . VIII-H . dan. VIII-I . dengan. menggunakan. teknik. sampling . purposive . sampling. atau. sampel . bertujuan. . Pelaksanaan . penelitian. ini . menggunakan. metode .tes ., angket. dan . dokumentasi. . Penelitian. ini . menggunakan. uji . instrumen. validitas . dan. reliabilitas . selanjutnya . terdapat. uji . prasyarat. hipotesis ., uji . homogenitas . dan. normalitas . kemudian. dilakukan. uji . t-test. serta. uji . manova. . Hasil . penelitian. yaitu. 1) . Ada. pengaruh . penggunaan. strategi . pembelajaran . inkuiri . terhadap . motivasi . belajar. siswa. . Hal . ini . berdasarkan . perhitungan. uji . t. untuk. motivasi . siswa. diperoleh. Sig. . (2-Tailed) . sebesar. 0,001. . Karena. signifikasi < 0,05 . maka. Ho ditolak. dan. Ha diterima. . Dapat. disimpulkan. bahwa. ada. pengaruh. yang . positif. dan. signifikan. antara. pengaruh . penggunaan. strategi . pembelajaran . inkuiri terhadap . motivasi . belajar. siswa. pada. mata. pelajaran. IPS kelas . VIII . di . SMPN 3 . Kedungwaru Tulungagung . Tahun . Ajaran. 2019/2020. 2) Ada. pengaruh. penggunaan strategi . pembelajaran. inkuiri . terhadap . hasil . belajar. siswa. . Hal . ini . berdasarkan. perhitungan . uji . t. untuk. hasil . belajar. siswa. diperoleh. Sig. . (2-Tailed) . sebesar. 0,001. . Karena. signifikasi < 0,05 . maka. Ho ditolak. dan. Ha . diterima. . Dapat. disimpulkan. bahwa. ada. pengaruh. yang . positif dan signifikan . antara. pengaruh penggunaan strategi pembelajaran . inkuiri terhadap hasil belajar. siswa. pada. mata. pelajaran . IPS . kelas . VIII . di . SMPN 3 . Kedungwaru Tulungagung . Tahun. Ajaran. 2019/2020. 3) . Ada. pengaruh. penggunaan strategi pembelajaran . inkuiri . terhadap . motivasi . dan. hasil . belajar. siswa. . Hal . ini . berdasarkan. perhitungan. Uji . MANOVA untuk. motivasi dan hasil . belajar. siswa diperoleh . Sig. . (2-Tailed) . sebesar. 0, .000. Karena signifikasi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa. ada. pengaruh . yang. positif dan signifikan . antara. pengaruh penggunaan strategi pembelajaran . inkuiri terhadap motivasi dan hasil . belajar. siswa. pada. mata. pelajaran . IPS kelas . VIII . di . SMPN 3 . Kedungwaru Tulungagung . Tahun. Ajaran. 2019/2020.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163003 ENDAH MUDAWAMAH
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:31
Last Modified: 16 Sep 2020 04:31
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16572

Actions (login required)

View Item View Item