PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG

PUTRI NURJANAH, 17201163145 (2020) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (823kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (940kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (909kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung”, ini ditulis oleh Lailatus Sholikah, NIM 1721143201, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata kunci: Komunikasi guru, minat belajar siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian siswa selama proses pembelajaran serta kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, pada saat pembelajaran berlangsung ada beberapa siswa yang mengobrol, main handphone dan melakukan aktifitas lain yang tidak ada hubungannya dengan pembelajaran Aqidah Akhlak, sedikit sekali siswa yang bertanya tentang materi yang belum mereka pahami, siswa sering keluar kelas pada saat proses pembelajaran dan siswa jarang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dengan hal ini peneliti akan melihat pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi satu arah guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi dua arah guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kemampuan komunikasi multi arah guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Sedangkan instrument dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan dokumentasi untuk mengukur kemampuan komunikasi guru dan minat belajar siswa. Setelah dilaksanakan pengujian menggunakan regresi linier sederhana, hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh kemampuan komunikasi satu arah guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung yang ditunjukkan dari dari thitung > ttabel (6,510>1,989). Nilai signifikansi t untuk variabel kemampuan komunikasi satu arah guru adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,000 (0,000< 0,05). Ada pengaruh kemampuan komunikasi dua arah guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung yang ditunjukkan dari t hitung > ttabel (7,789 >1,989). Nilai signifikansi t untuk variabel kemampuan komunikasi dua arah guru adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,000 (0,000< 0,05). Ada pengaruh kemampuan komunikasi multi arah guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN 4 Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (9,060 >1,989). Nilai signifikansi t untuk variabel kemampuan komunikasi multi arah guru adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,000 (0,000< 0,05)

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163145 PUTRI NURJANAH
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:18
Last Modified: 16 Sep 2020 04:18
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16571

Actions (login required)

View Item View Item