PENGARUH PENGGUNAAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 1 WINONG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NILA ZIADATU ROHMAH, 17205163268 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 1 WINONG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (837kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Outdoor Study terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SDN 1 Winong Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nila Ziadatu Rohmah (17205163268) Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata kunci: Metode Outdoor Study, Motivasi dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode outdoor study terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Kajian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran bahasa inggris di SDN 01 Winong kurang efektif karena pembelajarannya masih berorientasi pada keaktifan guru sebagai pengajar, metode yang digunakan masih monoton siswa yang hanya diperbanyak latihan soal, kurangnya interaksi guru dengan siswa sehingga siswa hanya mendengarkan penjelasan guru. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran diperlukan metode pembelajaran yang berorientasi pada keterlibatan siswa secara aktif, menyenangkan dan efektif sehingga siswa dapat mudah menghadapi kesulitan-kesulitan dalam belajar bahasa inggris. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan metode outdoor study dalam kaitannya dengan hasil belajar Bahasa inggris siswa kelas V dan VI SDN 1 Winong Kalidawir Tulungagung, dan melihat tingkat motivasi siswa dalam kaitannya dengan hasil belajar Bahasa Inggris di SDN 1 Winong. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengaruh metode outdoor study terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di SDN 1 Winong ? (2) Bagaimanakah pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di SDN 1 Winong? (3) Seberapa besar pengaruh metode outdoor study terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di SDN 1 Winong ? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh metode outdoor study terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di SDN 1 Winong (2) Untuk menjelaskan pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di SDN 1 Winong (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode outdoor study terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris di SDN 1 Winong Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, tes dan dokumentasi. Metode angket dilakukan untuk mengetahui tingkat motivasi dalam belajar Bahasa Inggris tanpa adanya perlakuan yang diduga ada pengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. tes untuk mendapat nilai hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Pola penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode outdoor study dan tingkat motivasi terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar, variabel bebasnya adalah metode outdoor study dan variabel moderator adalah motivasi. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sampling, terdapat dua kelas yang akan dijadikan sampel penelitian yaitu kelas V dan kelas VI SDN 01 Winong. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara tersebut karena sampel yang dianggap peneliti memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan yang diharapkan yaitu mempunyai kemampuan yang sama. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Winong Kalidawir Tulungagung pada tanggal 15-17 April 2020. Metode analisis data penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu analisis awal dan analisis akhir. Analisis awal berupa uji homogenitas dan uji normalitas. Sedangkan analisis akhir menggunakan uji N-Gain Score. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata N-Gain Score untuk kelas eksperimen sebesar 56.9191 atau 57% termasuk dalam kategori Cukup Efektif sementara rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol adalah sebesar 37.9269 atau 38% termasuk dalam kategori Tidak Efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode outdoor study Cukup Efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Bahasa inggris di SDN 01 Winong sedangkan metode konvensional Tidak Efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa inggris di SDN 01 Winong dan hasil uji t-test motivasi Bahasa inggris siswa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan Hasil uji t-test hasil belajar Bahasa inggris siswa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,005. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,005 < 0,05, dari hasil T-test dari motivasi dan hasil belajar di atas dapat disimpulkan bahwa Sig. (2-tailed) > 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode outdoor study terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa di SDN 01 Winong Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163268 NILA ZIADATU ROHMAH
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:56
Last Modified: 15 Sep 2020 03:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16544

Actions (login required)

View Item View Item