PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI ROUDLOTUN NASYIIN SLEMANAN UDANAWU BLITAR

NAWANG MIRA SUKMA, 17205163207 (2020) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI ROUDLOTUN NASYIIN SLEMANAN UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (532kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (853kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (231kB)

Abstract

xviii ABSTRAK Skripsi dengan judul „‟Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar ini ditulis oleh Nawang Mira Sukma, NIM. 17205163207. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Gaya Belajar, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar. Peningkatan kualitas pendidikan salah satunya melalui prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya, yaitu gaya belajar dan keaktifan belajar. Dengan adanya gaya belajar yang baik siswa dapat belajar dengan cara yang khas sesuai dengan karakteristiknya, serta adanya keaktifan belajar yang baik dapat menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan siswa lain, hal ini akan mengakibatkan suasana kelas menjadi segar dan kondusif, dimana masing-masing siswa dapat melibatkan kemampuannya semaksimal mungkin. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar?, (2) Adakah pengaruh gaya belajar audiotorial terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar?, (3) Adakah pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar?, (4) Adakah pengaruh keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar?, (5) Adakah pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar?, (6) Adakah pengaruh gaya belajar keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto, penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subjek penelitian sebanyak 31 siswa, sampel yang diambil adalah seluruh peserta didik kelas V MI Roudlotun Nasyiin. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji regresi berganda, yang sebelumnya diuji prasyarat analisis dan uji asumsi klasik dengan bantuan program komputer SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. ttabel untuk variabel gaya belajar visual sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas (0,000 < 0,05) dan nilai thitung (7,329) > ttabel (2,045). (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar audiotorial terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar, hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. ttabel untuk variabel gaya belajaraudiotorial sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas (0,000 < 0,05) dan nilai thitung (9,356) > ttabel (2,045). (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar, hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. ttabel untuk variabel gayabelajar kinestetik sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas (0,000 < 0,05) dan nilai thitung (7,654) > ttabel (2,045). (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. ttabel untuk variabel keaktifan belajar sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas (0,000 < 0,05) dan nilai thitung 9,136 > ttabel (2,045). (5) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar, hal ini ditunjukkan nilai Fhitung (58,918) > Ftabel (2,92) dan taraf Sig. sebesar 0,000 nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas (0,000 < 0,05). (6) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Roudlotun Nasyiin Slemanan Udanawu Blitar, hal ini ditunjukkan nilai Fhitung (62,240) > Ftabel (2,69) dan taraf Sig. sebesar 0,000 nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas (0,000 < 0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163207 NAWANG MIRA SUKMA
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:41
Last Modified: 15 Sep 2020 03:41
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16543

Actions (login required)

View Item View Item