PENGARUH PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN RELIGIUS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-IFADAH KALIWUNGU NGUNUT TULUNGAGUNG

LUTFIA RIZQI AMALIA, 17205163043 (2020) PENGARUH PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN RELIGIUS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-IFADAH KALIWUNGU NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Lutfia Rizqi Amalia, 17205163043, Pengaruh Pembiasaan Membaca Asmaul Husna terhadap Pembentukan Kepribadian Religius Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembiasaan, Membaca Asmaul Husna, Kepribadian Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepribadian religius yang dimiliki peserta didik dalam era globalisasi sekarang ini, dimana kepribadian religius yang dimiliki oleh peserta didik sangat menurun. Pendidikan yang dilakukan masih ada yang belum menekankan akan terbentuknya kepribadian yang religius dalam proses pembelajarannya. Di dalam proses pembelajaran yang penting bukan hanya tersampaikannya materi namun, perlu juga adanya penanaman kepribadian atau karakter saat proses pembelajaran. Kepribadian religius dapat terbentuk melalui suatu proses pembiasaan yang positif. Pembiasaan yang dilakukan dapat berupa pembiasaan membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran dimulai. Dengan melakukan suatu pembiasaan yang positif siswa akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat tertanam dalam diri siswa tersebut dan terbentuk kepribadian religius siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadap pembentukan kepribadian religius tanggung jawab siswa kelas IV di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadap pembentukan kepribadian religius toleransi siswa kelas IV di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung?, (3) Adakah pengaruh pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadap pembentukan kepribadian religius jujur siswa kelas IV di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung?, (4) Adakah pengaruh pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadap pembentukan kepribadian religius tanggung jawab, toleransi dan jujur siswa kelas IV di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto, sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subjek penelitian sebanyak 48 siswa, sampel yang diambil adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji regresi berganda, yang sebelumnya diuji prasyarat analisis dan uji asumsi klasik dengan bantuan program komputer SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadappembentukan kepribadian religius tanggung jawab siswa kelas IV di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. ttabel untuk variabel tanggung jawab adalah 0,001. dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas (0,001 < 0,05) dan nilai thitung (3,601) > ttabel (2,0129) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadap pembentukan kepribadian religius toleransi siswa kelas IV di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. ttabel untuk variabel toleransi adalah 0,009. dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas (0,009 < 0,05) dan nilai thitung (2,737) > ttabel (2,0129) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadap pembentukan kepribadian religius toleransi siswa kelas IV di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. ttabel untuk variabel toleransi adalah 0,018. Dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas (0,018 < 0,05) dan nilai thitung (2,446) > ttabel (2,0129) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadap pembentukan kepribadian religius tanggung jawab, toleransi dan jujur siswa kelas IV di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung (7,226) > Ftabel (2,80) dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163043 LUTFIA RIZQI AMALIA
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:25
Last Modified: 15 Sep 2020 03:25
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16542

Actions (login required)

View Item View Item