PENGARUH METODE IMPROVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 1 BLITAR

MUJIATI NUR ROSYIDAH, 17204163079 (2020) PENGARUH METODE IMPROVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Improve dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Perbandingan dengan Menggunakan Media Komputer Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Mujiati Nur Rosyidah, NIM 17204163079, dibimbing oleh Bapak Samsul Bakri, S.Pd.I.,M.Pd. Kata kunci: Metode Improve, Media Komputer, Kemampuan Komunikasi Setiap siswa memiliki potensi komunikasi matematika berbeda-beda, mereka merasakan sulit karena kurangnya komunikasi matematika dalam proses pembelajaran. Penggunaan media komputer digunakan untuk membantu penyampaian materi. Metode improve mempunyai tahapan “memperkenalkan konsep baru, latihan yang disertai dengan pertanyaan metakognisi, meninjau ulang, mengurangi kesulitan, memperoleh pengetahuan, verifikasi dan pengayaan.” Oleh karena itu metode improve dengan media komputer perlu digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan metode improve dengan media komputer terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa dan untuk mengetahui besar pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan metode improve dengan media komputer. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang termasuk jenis quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Blitar tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 11 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling sehingga sampel kelas adalah kelas VII-1 dan VII-4 sebanyak 60 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test, post-test dan angket respon siswa. Hasil penelitian data menunjukkan (1) Ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pre-test (dengan metode konvensional) dengan rata-rata nilai post-test (dengan metode improve menggunakan media komputer) materi perbandingan terhadap kemampuan komunikasi siswa. (2) Ada pengaruh penggunaan metode improve dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media komputer terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII MTsN 1 Blitar materi perbandingan, hal itu ditunjukkan dengan pengaruh sebesar 39,31%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode improve dengan menggunakan media komputer dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Saran untuk guru penggunaan metode yang menarik dan tepat dalam pembelajaran matematika, dan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan hasil penelitian ini dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163079 MUJIATI NUR ROSYIDAH
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:54
Last Modified: 07 Jan 2021 04:54
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16540

Actions (login required)

View Item View Item