PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TEORI JEAN PIAGET DI KELAS VIII MTsN 1 BLITAR

MOH. JUNAIDI, 17204163197 (2020) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TEORI JEAN PIAGET DI KELAS VIII MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Proses Berpikir Siswa dalam Memahami Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Teori Jean Piaget di Kelas VIII MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Moh. Junaidi, NIM 17204163197, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir,Teorema Pythagoras, Teori Jean Piaget Memahami matematika diperlukan proses berpikir. Dalam memahami matematika diperlukan proses berpikir, Jean Piaget memunculkan pemikiran bahwa proses berpikir siswa dilakukan secara asimilasi dan secara akomodasi. Proses berpikir secara asimilasi dilakukan oleh siswa yang mampu menyelesaikan sendiri masalahnya. Hal ini disebabkan siswa menyesuaikan pengalaman yang ada ke dalam skema pada dirinya. Sedangkan proses berpikir secara akomodasi terjadi saat siswa mengalami beberapa kendala sehingga siswa harus menyesuaikan skema yang ada pada dirinya dengan al baru dari lingkungannya. Matematika merupakan bidang studi yang dipelajari oleh semua siswa dari SD hingga SLTA bahkan sampai di Perguruan Tinggi. Salah satu materi dasar dalam matematika yang memerlukan pemahaman yang baik yakni Teorema Phytagoras. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses asimilasi siswa dalam memahami materi Teorema Pythagoras di kelas VIII MTsN 1 Blitar? (2) Bagaimana proses akomodasi siswa dalam memahami materi Teorema Pythagoras di kelas VIII MTsN 1 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan proses asimilasi dalam memahami materi Teorema Pythagoras di MTsN 1 Blitar. (2) mendiskripsikan proses akomodasi siswa dalam memahami materi Teorema Pythagoras di MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang proses berpikir yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai data penunjang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian proses berpikir siswa dalam memahami materi teorema pythagoras berdasarkan Teori Jean Piaget di kelas VIII MTsN 1 Blitar sebagai beriku: (1) proses asimilasi dalam memahami materi Teorema Pythagoras menunjukkan siswa melakukan proses berpikir secara asimilasi dengan mengadaptasi dan mengorganisasikan soal sehingga tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal . Artinya, siswa menyesuaikan pengetahuan yang baru didapatkan dengan konsep dasar atau skema yang sudah dimiliki siswa mengenai materi tertentu. (2) proses akomodasi siswa dalam memahami materi Teorema Pythagoras menunjukkan siswa yang melakukan proses berpikir secara akomodasi ini mengadakan perubahan skema lama dengan membentuk skema baru dari pengalaman. Artinya, siswa memperbaharui atau menyesuaikan skema awal atau konsep dasar yang sudah ada pada dirinya mengenai materi tertentu dengan pengetahuan atau penjelasan baru yang siswa dapatkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163197 MOH. JUNAIDI
Date Deposited: 15 Sep 2020 06:31
Last Modified: 15 Sep 2020 06:31
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16532

Actions (login required)

View Item View Item