PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SITI NURHIDAYATI, 17205163221 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Peserta Didik Kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Siti Nurhidayati, NIM 17205163221, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik saat mengikuti kegiatan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional sehingga cenderung membosankan dan kurang menarik. Salah satu cara agar peserta didik tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran Al-Qur’an Hadis adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang variatif agar peserta didik tidak merasa bosan dan tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga motivasi dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. berdasarkan teori dan penelitian terdahulu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel Nonprobability Sampling jenis sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yaitu menggunakan uji MANOVA dengan uji validitas dan reliabilitas sebagai uji instrumen dan uji homogenitas dan normalitas sebagai uji prasyarat hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis, pada pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA, (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadis, yang ditemukan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis, yang ditemukan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadis, yang ditemukan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05 yang hasil semuanya menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas IV di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163221 SITI NURHIDAYATI
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:50
Last Modified: 15 Sep 2020 02:50
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16530

Actions (login required)

View Item View Item