EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V DI MI TARBIYATUSSIBYAN TULUNGAGUNG

NUR AINUN SHOLIKHAH, 17205163224 (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V DI MI TARBIYATUSSIBYAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (398kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (806kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran IPA Peserta Didik Kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Ainun Sholikhah, NIM.17205163224, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing : Dra. Hj. ST. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tpurnament (TGT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif. Penelitian ini dilakukan untuk menguji teori efektivitas penggunaan model koopertif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatussibyan Tulungagung. Hal ini dilakukan karena kurangnya motivasi peserta didik saat mengikuti kegiatan pembelajaran dan hasil belajar kognitif peserta didik yang masih banyak memperoleh nilai rendah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang cenderung membosankan, kurang menarik, dan masih berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tulungagung, (2)Untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tulungagung, (3)Untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah pra-eksperimen digunakan untuk menyelidiki sebab akibat. Mekanisme penelitian dari penelitian ini yaitu dengan desain perbandingan grub statis. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan yang berjumlah 35 peserta didik. Sedangkan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel Nonprobability Sampling jenis sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah: (1) Angket, (2) Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis, pada pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA, (1) terdapat efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar mata pelajaran IPA peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tulungagung, yang ditemukan dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima (2) terdapat efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT) terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tulungagung, yang ditemukan dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima (3) terdapat efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tulungagung, yang ditemukan dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163224 NUR AINUN SHOLIKHAH
Date Deposited: 15 Sep 2020 01:18
Last Modified: 15 Sep 2020 01:18
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16529

Actions (login required)

View Item View Item